?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=MENINGKATKAN+AKTIVITAS+BELAJAR+DAN+KEMAMPUAN+MEMBACA+PEMAHAMAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+COOPERATIVE%0D%0AINTEGRATED+READING+AND+COMPOSITION+(CIRC)%0D%0ASISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+SUMUR+BATU%0D%0ABANDAR+LAMPUNG&rft.creator=Mursalin+(Alm)%2C+RENI+ANTIKA&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Pembelajaran+Bahasa+Indonesia+dikelas+V+SD+Negeri+1+Sumur+Batu+belum+berlangsung+seperti+yang+diharapkan.+Berdasarkan+observasi+awal+diperoleh+data+masih+rendahnya+tingkat+aktivitas+belajar%2C+kemampuan+membaca+pemahaman+dan+ketuntasan+belajar+dari+30+orang+siswa+terdapat+12+orang+siswa+(40%25)+belum+mencapai+nilai+KKM+65+dan+Kriteria+ketuntasan+yang+ditentukan+75%25.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+meningkatkan+aktivitas+siswa%2C+kinerja+guru%2C+dan+kemampuam+membaca+pemahaman+siswa+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+CIRC.%0D%0AJenis+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+tindakan+kelas.+Alur+dalam+penelitian+tindakan+kelas+diawali+dengan+perencanaan+tindakan%2C+pelaksanaan+tindakan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Penelitian+ini+dilakukan+dalam+2+siklus.+Alat+pengumpulan+data+berupa+lembar+observas.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+pembelajaran+Bahasa+Indonesia+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+CIRC+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+kemampuan+membaca+pemahaman+siswa.+Hal+ini+dilihat+dari+peningkatan+persentase+aktivitas+belajar+siswa%2C+pada+siklus+1+mendapat+nilai+rerata+61%2C66%25+dalam+kategori+cukup+aktif+dan+pada+siklus+II+menjadi+76%2C33%25+dengan+kategori+aktif.+Kemampuan+membaca+pemahaman+siswa+yang+mencapai+ketuntasan+pada+siklus+1+yaitu+sebesar+60%25+meningkat+menjadi+83%2C33%25+pada+akhir+siklus+II.+Peningkatan+ketuntasan+belajar+siswa+dari+siklus+1+ke+siklus+II+yaitu+sebesar+23%2C33%25.%0D%0AKata+Kunci%3A+Aktivitas+Belajar%2C+Kemampuan+membaca+pemahaman%2C+CIRC&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-09-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Mursalin+(Alm)%2C+RENI+ANTIKA++(2014)+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+BELAJAR+DAN+KEMAMPUAN+MEMBACA+PEMAHAMAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+COOPERATIVE+INTEGRATED+READING+AND+COMPOSITION+(CIRC)+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+SUMUR+BATU+BANDAR+LAMPUNG.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1920%2F