<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010"^^ . "Abstract\r\n\r\nDunia pendidikan dewasa ini dihadapkan kepada masalah-masalah yang mendasar yaitu mutu\r\ndan kwalitas dari pendidikan itu sendiri. Sehubungan dengan itu sekolah sebagai lembaga\r\npendidikan formal mempunyai peranan penting dalam memenuhi harapan dan tujuan tersebut.\r\nOleh sebab itu dibutuhkan suatu pemikiran dan perencanaan serta pelaksanaan proses\r\npembelajaran agar berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.\r\nMasalah pendidikan yang muncul saat ini adalah masih rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh\r\nsiswa. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari adanya faktor-faktor yang mempengaruhi suatu\r\nproses belajar mengajar yaitu tujuan, materi, sumber belajar, metoda, suasana kelas, fasilitas\r\nsekolah dan evaluasi. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah\r\ncara yang digunakan seorang guru dalam memilih metode mengajar yang kurang tepat dalam\r\nmenentukan materi.\r\nBerdasarkan pengamatan banyak pihak masih dirasakan bahwa pendekatan pembelajaran yang\r\ndikembangkan oleh guru-guru di sekolah, lebih didasarkan kebutuhan formal dari pada kebutuhan\r\nriil siswa. Keadaan dan fenomena seperti diungkapkan di atas semakin lebih jelas lagi dengan\r\nditemukannya data empirik di lapangan melalui penelitian, yang pada umumnya menyimpulkan\r\nbahwa masih terdapat beberapa kelemahan dalam melaksanakan proses belajar mengajar di SMP,\r\nkhususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu.\r\nTujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Metode\r\nBrainstorming terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Bandar\r\nLampung (2) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan Metode Brainstorming\r\nterhadap hasil belajar IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran\r\n2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan\r\nteknik analisis data Kuantitatif, dan teknik pengumpulan data melalui test, dokumentasi yang\r\ndigunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang telah diterapkan Metode Brainstorming.\r\nDari hasil penelitian dikatakan terdapat pengaruh yang cukup berarti dengan penggunaan metode\r\nBrainstorming, ada pengaruh perbedaan secara rata-rata penggunaan metode Brainstorming\r\ndengan yang tidak menggunakan metode Brainstorming, terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa\r\nkelas VIII E, F, di SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010 dan terdapat\r\nhubungan yang sangat erat, yakni sebesar ( r ) = 0,834 dalam meningkatkan hasil belajar IPS di\r\nSMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010.\r\nAda perbedaan yang berarti pada hasil tes sub sumatif secara rata-rata antara penerapaan\r\nmenggunakan model pembelajaran dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran\r\nmetode Brainstorming. Hasil perbedaan sebesar 4,92 dan hasil pengujian menunjukkan\r\npengaruh yang berarti atau signifikan, yakni 2,99 > 1,96. Terdapat keeratan hubungan antara\r\nkelas yang menggunakan model pembelajaran Brainstorming dengan yang tidak menggunakan\r\nmodel pembelajaran metode Brainstorming sebesar r = 0,834.\r\nPenerapan Model Pembelajaran dengan metode Brainstorming dapat dijadikan alternatif\r\npembelajaran bagi guru-guru di sekolah sebagai salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan\r\nhasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 5 Bandar Lampung kelas VIII\r\nSemester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan metode pembelajaran Brainstorming siswa\r\nbanyak terlibat secara aktif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa akan lebih baik\r\nuntuk meningkatkan hasil belajar."^^ . "2010-01-22" . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "ARIE KURNIAWAN"^^ . "0543033010"^^ . "ARIE KURNIAWAN 0543033010"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (File PDF)"^^ . . . "abstrak.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (File PDF)"^^ . . . "kesimpulan.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (File PDF)"^^ . . . "pendahuluan.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING\r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA\r\nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG\r\nTAHUN PELAJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #19228 \n\nPENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING \nTERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA \nKELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG \nTAHUN PELAJARAN 2009/2010\n\n" . "text/html" . . . " " . .