?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+IPS+MELALUI+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI%0D%0APADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+RAJA+BASA+JAYA%0D%0ABANDAR+LAMPUNG&rft.creator=Hasyim+Abdullah+(almarhum%2C+Sabariah+Ningsih&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Berdasarkan+observasi+prapenelitian+yang+dilakukan+di+SDN+I+Rajabasa+Jaya+bahwa+aktivitas+dan+prestasi+belajar+siswa+dalam+pembelajaran+masih+rendah.+Begitupun+dengan+penerapan+pembelajaaran+yang+dilakukan+guru%2C+masih+menggunakan+pendekatan+yang+monoton%2C+yaitu+ceramah.+Tujuan+penelitian+ini+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+prestasi+belajar+siswa+pada+pembelajaran+IPS+kelas+V+SDN+I+Rajabasa+Jaya.%0D%0AHasil+penelitian+yang+di+peroleh+menunjukan+bahwa+(1)+model+pembelajaran+inkuiri+dapat+meningkatkan+aktivitas+belajar+siswa+(2)+model+pembelajaran+inkuiri+dapat+meningkatkan+prestasi+belajar+siswa.+Pada+siklus+I+siswa+yang+kurang+aktif+sejumlah+17+orang+atau+sebesar+51%2C33%25.+Pada+siklus+II+mengalami+peningkatan+menjadi+14+orang+siswa+atau+sebesar+62%2C27%25%2C+dan+pada+siklus+III+mengalami+peningkatan+menjadi+4+orang+siswa+atau+sebesar+77%2C68%25.+Berdasarkan+data+tersebut+aktivitas+pembelajaran+IPS+menggunakan+model+pembelajaran+inkuiri+dapat+meningkatkan+aktivitas+belajar+siswa.+Prestasi+belajar+siswa+dari+siklus+ke+siklus+mengalami+peningkatan.+Nilai+rata-rata+prestasi+belajar+siswa+pada+siklus+I+sebanyak+11+orang+atau+sebesar+sebesar+51%2C78%25+yang+mendapatkan+nilai+baik.+Pada+siklus+II+mengalami+peningkatan+yaitu+sebanyak+14+orang+atau+sebesar+56%2C96%25+yang+memiliki+nilai+baik+dan+pada+siklus+III+mengalami+peningkatan+lagi+yaitu+sebanyak+24+orang+atau+sebesar+69%2C29%25+yang+memiliki+nilai+baik.+Berdasarkan+data+tersebut+aktivitas+pembelajaran+IPS+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+inkuiri+dapat+meningkatkan+prestasi+belajar+siswa.%0D%0AKata+kunci+%3A+prestasi%2C+aktivitas+belajar+%2C+dan+model+pembelajaran+inkuiri&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-06-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F3%2FHAL.%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F4%2FHAL.%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Hasyim+Abdullah+(almarhum%2C+Sabariah+Ningsih++(2014)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+IPS+MELALUI+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+RAJA+BASA+JAYA+BANDAR+LAMPUNG.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1924%2F