title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJA BASA JAYA BANDAR LAMPUNG creator: Hasyim Abdullah (almarhum, Sabariah Ningsih subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: Berdasarkan observasi prapenelitian yang dilakukan di SDN I Rajabasa Jaya bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran masih rendah. Begitupun dengan penerapan pembelajaaran yang dilakukan guru, masih menggunakan pendekatan yang monoton, yaitu ceramah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN I Rajabasa Jaya. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukan bahwa (1) model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I siswa yang kurang aktif sejumlah 17 orang atau sebesar 51,33%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 14 orang siswa atau sebesar 62,27%, dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 4 orang siswa atau sebesar 77,68%. Berdasarkan data tersebut aktivitas pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebanyak 11 orang atau sebesar sebesar 51,78% yang mendapatkan nilai baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 14 orang atau sebesar 56,96% yang memiliki nilai baik dan pada siklus III mengalami peningkatan lagi yaitu sebanyak 24 orang atau sebesar 69,29% yang memiliki nilai baik. Berdasarkan data tersebut aktivitas pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : prestasi, aktivitas belajar , dan model pembelajaran inkuiri publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-06-07 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/3/HAL.%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/4/HAL.%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1924/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: Hasyim Abdullah (almarhum, Sabariah Ningsih (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJA BASA JAYA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1924/