TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1926 UR - http://digilib.unila.ac.id/1926/ A1 - Idris, SAODAH Y1 - 2014/07/07/ N2 - Permasalahan penelitian diawali dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 11 siswa (30,5%) dari jumlah keseluruhan 30 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IV tahun pelajaran 2013/2014 melalui media gambar. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakanlembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru.Pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh melalui soal pre tes dan post tes (evaluasi). Data dianalisis menggunakan teknik presentase dengan membandingkan standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan yaitu ?75. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 54,50% dan pada siklus II 83,33%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 75dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 57% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 82%. Dengan demikian, penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Gulak GalikBandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Media gambar, aktivitas dan hasil. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GULAK GALIK TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -