title: EVALUASI KINERJA GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM  PADA SMP DI KABUPATEN TULANG BAWANG  PROVINSI LAMPUNG
creator: NN, YUDO UTOMO
subject:  
description: Abstract    Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang kinerja guru dalam  pembelajaran IPA pada SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Tulang Bawang  dalam aspek: (1) penyusunan rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan interaksi  pembelajaran,(3) penilaian hasil belajar peserta didik,(4) pelaksanaan tindak lanjut  hasil penilaian,(5) pengembangan profesi kependidikan,(6) pemahaman wawasan  pendidikan, (7) penguasaan bahan kajian akademik, dan (8) kualitas pelaksanaan  pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan evaluatif melalui model  Goal Oriented Evaluation. Populasi penelitian adalah seluruh guru IPA SMP  negeri dan swasta di Kabupaten Tulang Bawang, dengan sampel diambil  menggunakan teknik random sampling ,dan untuk besarnya sampel 150 orang.  Variabel dalam penelitian adalah kinerja guru dalam pembelajaran Ilmu  Pengetahuan Alam. Untuk mengumpulkan data digunakan angket. Data dianalisis  dengan teknik kuantitatif persentase dan deskriptif.  Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan kinerja guru IPA dalam aspek; (1)  penyusunan rencana pembelajaran termasuk katagori baik. (2) pelaksanaan  interaksi pembelajaran termasuk katagori baik. (3) penilaian hasil belajar peserta  didik termasuk katagori baik. (4) pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian  termasuk katagori baik. (5) pengembangan profesi kependidikan termasuk  katagori baik. (6) pemahaman wawasan pendidikan termasuk katagori baik.(7)  penguasaan bahan kajian akademik termasuk dapat dikatagorikan baik. (8)  kualitas pelaksanaan pembelajaran termasuk dapat dikatagorikan baik.    Abstract    To the effect research is subject to be get description about teacher performance in  IPA’s learning on SMP goverment and private at regency Tulang Bawang in  aspect; (1) learning strategical collations, (2) learning interaction performing, (3)  estimation usufruct to study educative partisipants, (4) follow-up performing  usufruct estimation, (5) profession development to educations, (6) education  knowledge graps, (7) study material masteries academic, (8) quality perform  learnings. Executed research with evaluative approaching via model Goal  Oriented Evaluation’s. Exhaustive observational IPA SMP’s teacher government  anf private at regency Tulang Bawang, with sample is taken by use of Random  Sampling, and outgrows it sample as much 150 person. Variable in observational  is performance learn in natural sciences learning. To gather data was utilized by  questionnaire. Analissis’s data with tech quantitative percentage and descriptive.  Base finding result can conclude IPA’s teacher performance in aspect; (1) learning  startegical collations comprise good category, (2) learning interaction performing  comprise good category, (3) estimation usufruct to study educative participant  comprises category well, (4) follow-up performing usufruct category’s included  educations well, (5) profession knowledge graps to category’s included educations  well, (7) study material masteries academic include in category well, and (8)  qualities learning includes in good category.
date: 2012-01-23
type: Artikel
type: PeerReviewed
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19269/1/ABSTRACT%20Yudo%20Utomo.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19269/2/abstrak%20Yudo%20Utomo.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19269/3/kesimpulan%20Yudo%20Utomo.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19269/4/pendahuluan%20Yudo%20Utomo.pdf
identifier:   NN, YUDO UTOMO  (2012) EVALUASI KINERJA GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SMP DI KABUPATEN TULANG BAWANG PROVINSI LAMPUNG.  Digital Library.       
relation: http://digilib.unila.ac.id/19269/