%A Tuti Rospasari Nn %J Digital Library %T HUBUNGAN ANTARA SIKAP GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA GURU, DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI WILAYAH ABUNG LAMPUNG UTARA %X Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara : 1) sikap guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-bersama dengan kinerja guru, 2) sikap guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, 3) motivasi kerja dengan kinerja guru, dan 4) kompetensi pedagogik dengan kinerja guru pada guru SMA Negeri di Wilayah Abung Lampung Utara. Penelitian ini termasuk penelitan korelasional. Populasi yang dijangkau adalah seluruh guru SMA Negeri di Wilayah Abung Lampung Utara. Sampel penelitian sebanyak 64 orang yang ditetapkan secara Proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah non tes berbentuk angket untuk menjaring data kinerja guru, sikap guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompetensi pedagogik guru. Teknik analisis data korelasi sederhana dan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif, erat dan signifikan antara sikap guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi rx123y = 0,755, 2) terdapat hubungan positif, cukup erat dan signifikan antara sikap guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi rx1y = 0,533, 3) terdapat hubungan positif, erat dan signifikan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi r x2y = 0,635, dan 4) terdapat hubungan positif, erat dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi r x3y = 0,600. Abstract This research was aimed at finding out the significant level of correlations: 1) correlations among teacher?s toward the headmaster?s leadership, work motivation and pedagogic competence with teacher?s performance; 2) correlation between teacher?s toward the headmaster?s leadership with teacher?s performance; 3) correlation between work motivation with teacher?s performance; 4) correlations between pedagogic competence with teacher?s performance of SMAN teacher in Abung North Lampung. This research was basically a correlations research. The population was all SMAN teacher in Abung North Lampung. The number of sample was 64 teachers chosen by using proportional random sampling technique. Whereas, the instruments used are test for teacher?s toward the headmaster?s leadership, and questionnaire to teacher?s performance, work motivation, and pedagogic competence. Analysis technique of the data multiple and simple correlation. The result of this research was shown that : 1) there were tight, significant, and positive correlations among teacher?s toward the headmaster?s leadership, work motivation and pedagogic competence with teacher?s performance, towards correlation coefficient r x123y = 0,755, 2) there was tight enough, significant, and positive correlation between teacher?s toward the headmaster?s leadership and teacher?s performance, towards correlation coefficient rx1y = 0,533, 3) there was tight, significant, and positive correlation between work motivation and teacher?s performance, towards correlation coefficient rx2y = 0,635, and 4) there was tight, significant, and positive correlation between pedagogic competence and teacher?s performance, towards correlation coefficient rx3y = 0,600. %D 2012 %L eprints19276