TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1930 UR - http://digilib.unila.ac.id/1930/ A1 - , SUNAIDAH Y1 - 2014/08/13/ N2 - Penelitian ini berawal dari rendahnya perolehan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Bojong Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Bojong Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Bojong Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BOJONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -