TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1933 UR - http://digilib.unila.ac.id/1933/ A1 - , TONY CAHYUDI Y1 - 2014/08/11/ N2 - Dalam proses belajar mengajar pada dasarnya ada dua unsur pokok, yaitu siswa yang belajar dan guru yang mengajar (fasilitator / mediator) bukan sumber ilmu, yang terjalin dalam bentuk interaksi edukatif. Lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan konsep, karena perannya sebagai stimulus untuk terjadinya suatu respon. Dengan memperhatikan kecenderungan siswa sekolah dasar yang senang bermain dan memiliki rasa ingin tahu yang besar diusia mereka, maka pembelajaran IPA menggunakan pendekatan lingkungan akan meningkatkan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkat hasil belajar siswa kelas V pada SDN 1 Way Halim Permai Kecamatan Sukarame. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan mulai dari Agustus sampai Okober 2011 dan dilakukan tiga siklus. Data KBM diperoleh dengan melakukan observasi kelas dan jurnal harian yang dibuat oleh guru. Sedangkan data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui tes formatif terhadap siswa. Dari hasil pengamatan dan tes formatif terhadap siswa terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan pendekatan lingkungan pada mata pelajaran IPA siswa akan melakukan pembelajaran bermakna dan kongkrit sehingga materi pelajaran dapat diserap oleh struktur kognitif siswa dengan baik serta melibatkan pula aspek afektif dan psikomotor. Kata Kunci: Pendekatan lingkungan, hasil belajar IPA PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN DI KELAS V SDN 1 WAY HALIM PERMAI KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -