?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PADA+MATA%0D%0APELAJARAN+MATEMATIKA+MELALUI+MODEL+COOPERATIVE%0D%0ALEARNING+TIPE+MAKE+A+MATCH+SISWA+KELAS+IV%0D%0ASD+NEGERI+02+SINDANG+AGUNG%0D%0ATAHUN+PELAJARAN%0D%0A2012%2F2013&rft.creator=Pardiman+(Alm.)%2C+Wahyu+Wibowo&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.subject=QA+Mathematics&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+hasil+observasi+yang+menunjukkan+rendahnya%0D%0Aaktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+matematika+siswa+kelas+IV%0D%0ASD+Negeri+02+Sindang+Agung+Lampung+Utara.+Tujuan+penelitian+adalah%0D%0Ameningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+02+Sindang%0D%0AAgung+Lampung+Utara+pada+mata+pelajaran+matematika+penerapan+model%0D%0Acooperative+learning+tipe+make+a+match.%0D%0AJenis+penelitian+adalah+Penelitian+Tindakan+Kelas+yang+dilaksanakan+dalam%0D%0A3+siklus+yaitu+tahap+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+pengamatan%2C+dan+refleksi.%0D%0APengumpulan+data+menggunakan+lembar+observasi+untuk+data+aktivitas+dan+untuk%0D%0Adata+hasil+belajar+menggunakan+tes.+Data+kualitatif+dianalisis+dengan+teknik%0D%0Aanalisis+kualitatif+%2C+sedangkan+data+tes+dianalisis+dengan+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+model+cooperative+learning%0D%0Atipe+make+a+match+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+IV%0D%0ASD+Negeri+02+Sindang+Agung+Lampung+Utara+Tahun+Pelalajaran+2012%2F2013.+Hal%0D%0Aini+dapat+dilihat+dari+nilai+rata-rata+aktivitas+siswa+pada+siklus+I+sebesar+54%2C48%0D%0Akemudian+meningkat+sebesar+12%2C19+menjadi+66%2C67+pada+siklus+II%2C+kemudian%0D%0Ameningkat+kembali+sebesar+12%2C91+menjadi+79%2C58+pada+siklus+III.+Rata-rata+hasil%0D%0Abelajar+siswa+pada+siklus+I+yaitu+57%2C26+meningkat+sebesar+10%2C54+menjadi+67%2C80%0D%0Apada+siklus+II%2C+kemudian+meningkat+kembali+sebesar+9%2C20+menjadi+77%2C00+pada%0D%0Asiklus+III.+Persentase+ketuntasan+belajar+pada+siklus+I+yaitu+56%2C67%25%2C+meningkat%0D%0Asebesar+10%2C00%25+menjadi+66%2C67%25+di+siklus+II+dan+mengalami+kembali+sebesar%0D%0A13%2C33%25+menjadi+80%2C00%25+pada+siklus+III.+Dengan+demikian+proses+pembelajaran%0D%0Amenggunakan+model+coopertive+learning+tipe+make+a+match+dapat+meningkatkan%0D%0Aaktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0AKata+kunci+%3A+Cooperative+Learning+tipe+Make+A+Match%2C+Aktivitas%2C+Hasil&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-08-17&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F1%2F2.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F2%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F3%2F3.%2520MENYETUJUI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F4%2F4.%2520MENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F5%2F5.%2520SURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F6%2F10.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Pardiman+(Alm.)%2C+Wahyu+Wibowo++(2014)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PADA+MATA+PELAJARAN+MATEMATIKA+MELALUI+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+MAKE+A+MATCH+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+02+SINDANG+AGUNG+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1935%2F