%A Wahyu Wibowo Pardiman (Alm.) %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 SINDANG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang menunjukkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 02 Sindang Agung Lampung Utara. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Sindang Agung Lampung Utara pada mata pelajaran matematika penerapan model cooperative learning tipe make a match. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas dan untuk data hasil belajar menggunakan tes. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kualitatif , sedangkan data tes dianalisis dengan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Sindang Agung Lampung Utara Tahun Pelalajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 54,48 kemudian meningkat sebesar 12,19 menjadi 66,67 pada siklus II, kemudian meningkat kembali sebesar 12,91 menjadi 79,58 pada siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 57,26 meningkat sebesar 10,54 menjadi 67,80 pada siklus II, kemudian meningkat kembali sebesar 9,20 menjadi 77,00 pada siklus III. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 56,67%, meningkat sebesar 10,00% menjadi 66,67% di siklus II dan mengalami kembali sebesar 13,33% menjadi 80,00% pada siklus III. Dengan demikian proses pembelajaran menggunakan model coopertive learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Cooperative Learning tipe Make A Match, Aktivitas, Hasil %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1935