%0 Generic %A Sukarmijan, YAYUK RULIYAH %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1938 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOHETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KUPANG TEBA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/1938/ %X Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD N 2 Kupang Teba masih rendah maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 2 Kupang Teba Bandar Lampung menggunakan model cooperative learning type Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes, dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data tentang aktivitas belajar siswa dan kinerja guru diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil ini didukung oleh peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I hanya 50,32% (sedang) dan pada siklus II naik menjadi 80,13% (sangat tinggi). Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai belajar siswa sebesar 24% dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model cooperative learning type NHT