%0 Generic %A Suparno, YENI ASTUTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1939 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V SDN 3 WIYONO KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/1939/ %X Hasil pembelajaran matematika yang dilaksanakan di kelas V SDN 3 Wiyono nampak masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru tidak/belum menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 3 Wiyono Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus menggunakan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan ini terlihat dari ketuntasan belajar saat pra siklus yang semula hanya 40 persen menjadi 60 persen pada siklus I, dan 68 persen pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 76 persen pada siklus III. Oleh sebab itu penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika khususnya hendaknya lebih ditingkatkan lagi. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, alat peraga