%A YENI BANANI Asomad %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL PADA SISWA KELAS V SDN 2 SUKADADI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Pembelajaran Matematika di kelas V SDN 2 Sukadadi, terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan strategi dan media pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa masih di bawah KKM (<60). Persentase siswa yang tuntas belajar hanya 40%. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran menggunakan media kartu soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan media kartu soal dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas V sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan pembelajaran menggunakan media kartu soal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa siklus I 61,7%, meningkat menjadi 83,3% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 61,5, meningkat menjadi 75,4 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 65% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 85% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan pembelajaran menggunakan media kartu soal sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran khususnya Matematika. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, kartu soal %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1940