%0 Generic %A Zayadi Suheb, YUSDIANA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1942 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V SDN BATURAJA KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/1942/ %X Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Baturaja, terdapat permasalahan hasil belajar siswa rendah. Guru juga kurang memanfaatkan model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SDN Baturaja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri dari 9 orang lakilaki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 61,9, meningkat menjadi 66,3 di siklus II dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 68,1. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 61,1 persen (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 72,2 persen (belum tuntas) dan naik lagi pada siklus III menjadi 77,8 persen (tuntas). Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif