%A OKTAMIWATI 0611011103 %J Digital Library %T ANALISIS PENGARUH TAGLINE IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS PRODUK SOSRO PT SINAR SOSRO (Studi Pada Mahasiswa Pengonsumsi Minuman Teh Botol Merek Sosro di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung) %X Abstrak Seiring dengan perkembangan dunia, persaingan di dunia bisnis pun semakin ketat. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan yang berlomba melakukan komunikasi pemasaran atau yang lebih dikenal dengan promosi. Salah satu media promosi yg sudah lazim adalah dengan beriklan. Strategi untuk meningkatkan kesan yang mendalam dalam kampanye iklan yang sering digunakan adalah tagline. PT Sinar Sosro contohnya, dengan tagline iklan ?Apapun..Enaknya Minum Teh Botol Sosro?telah merebut hati masyarakat. Masalah yang dihadapi PT Sinar Sosro adalah PT Sinar Sosro pada saat ini dihadapkan pada berbagai saingan produk minuman teh yang tidak hanya dari pesaing lokal, namun juga pesaing asing yang dapat memungkinkan pelanggan untuk beralih ke merek tersebut, terlebih lagi jika merek tersebut membuat suatu perubahan dan menawarkan karakteristik produk yang lebih unggul dari berbagai sudut atributnya. Persaingan berbagai merek teh dalam kemasan botol, membuat PT Sinar Sosro harus lebih berhati-hati dalam merancang strategi pemasarannya. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : Apakah Tagline iklan berpengaruh terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tagline iklan terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro. Oktamiwati Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa Tagline iklan teh botol Sosro mempunyai pengaruh positif terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro yang dilakukan dengan teknik Startified Random Sampling, dan setelah dilakukan perhitungan sampel yang diperoleh sebanyak 105 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis permasalahan dan mencari pemecahan masalah dengan menggunakan data yang terkumpul dari hasil kuesioner yang dihubungkan dengan teori pemasaran atau pendekatanpendekatan yang berkaitan dengan teori tagline , teori iklan, teori kesadaran merek (brand awareness) dalam menganalisis pengaruh tagline iklan terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa Tagline iklan signifikan pada tingkat 0,05 dengan probabilitas 0.000. Maka dapat disimpulkan bahwa Tagline iklan berpengaruh terhadap brand awareness produk sosro PT Sinar Sosro. Model regresi linier yang dihasilkan menunjukkan bahwa koefisien regresi positif dan signifikan (0,650) artinya, Tagline iklan berpengaruh besar terhadap brand awareness produk sosro, semakin positif tanggapan responden terhadap Tagline iklan maka pengenalan dan awareness responden akan merek produk Sosro juga akan mengalami kenaikan. Agar PT Sinar Sosro lebih optimal dalam mempengaruhi awareness responden akan merek produk Sosro sepenuhnya maka sebaiknya kelengkapan informasi yang disampaikan harus lebih diperjelas katakata dan format pesan dalam iklannya, iklan yang ditayangkan di televisi sebaiknya dibuat lebih menarik, lebih lucu,lebih unik lagi agar konsumen lebih tertarik untuk membeli produk Sosro. Abstrak Along with the development of the world, competition in the business world even more strict. This is indicated by the number of companies who are competing to do the marketing communications or commonly known as promotion. One of the promotional media who are familiar with the advertising. Strategies to enhance the impression of depth in an ad campaign that is often used is the tagline. PT Sinar Sosro example, the advertising tagline "Whatever .. Yummy Bottle Sosro Teahouse" has won the hearts of society. Problems faced by PT Sinar Sosro are PT Sinar Sosro currently faced with many competing products that do not drink tea only from local competitors, but also foreign competitors that could allow customers to switch to these brands, especially if the brand makes a change and offer a superior product characteristics from different angles attributes. Competition of different brands of tea in bottles, made of PT Sinar Sosro should be more careful in designing its marketing strategies. The problem is formulated in this study is: Does Tagline effect on brand awareness ads sosro PT Sinar Sosro product? Oktamiwati The purpose of this study was to determine the effect of brand awareness advertising tagline sosro PT Sinar Sosro product. The hypothesis of this research is that the advertising tagline Sosro bottled tea has a positive influence on brand awareness products sosro PT Sinar Sosro Startified conducted with random sampling technique, and after calculation of the sample obtained as many as 105 respondents. The analysis tools are qualitative analysis and quantitative analysis. Qualitative analysis was done by analyzing problems and finding solutions by using data collected from questionnaires that are connected with marketing theories or approaches relating to the theory tagline, advertising theory, theory of brand awareness (brand awareness) in analyzing the influence of advertising tagline brand awareness sosro PT Sinar Sosro product. Quantitative analysis performed using simple linear regression. Based on the calculations, that the advertising tagline is significant at the 0.05 level with a probability of 0.000. It can be concluded that the ad tagline influence brand awareness sosro PT Sinar Sosro products. Resulting linear regression model shiwed that a positive and significant regression coefficient (0.650) means that the ad tagline major effect on brand awareness sosro product, the more positive the response of respondent to the ad tagline recognition and brand awareness among the respondents would Sosro products will also increase.In order to optimize the PT Sinar Sosro in influencing brand awareness among the respondents would fully Sosro the completeness of the information submitted should be further clarified his words and format of the messages in his ads, ads on television should be made more interesting, more fun, more unique anymore so consumers are more interested in buying products Sosro. %D 2012 %L eprints19431