%A Elisa Br Ginting NN %J Digital Library %T PENGARUH PROGRAM CAUSE RELATED MARKETING (CRM) TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA PRODUK AIR MINERAL AQUA %X Abstrak Era globalisasi telah membawa dampak yang cukup besar bagi dunia usaha, diantaranya adalah perkembangan teknologi yang sangat pesat, perubahan sifat pasar dari sellers market menjadi buyers market sehingga konsumen menjadi semakin berkuasa di pasar, dan semakin ketatnya persaingan bisnis. Oleh karena itu para pelaku bisnis harus merumuskan strategi bisnis yang sekiranya dapat mengatasi dampak-dampak tersebut. Startegi yang mulai diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia adalah membuat serangkaian kegiatan atau bagian dari promosi penjualan yang bersifat sosial. Perwujudan tanggung jawab sosial (CSR) diantaranya berupa pembentukan aliasi soisal. Di mana wujud aliansi sosial yang populer dari CSR adalah Cause Related Marketing (CRM). Cause dipahami sebagai kegiatan sosial yang didukung oleh perusahaan melalui aktifitas pengumpulan dana yang mengajak konsumen untuk ikut berpartisipasi dengan membeli produk dengan label tertentu. Program CRM Aqua 1 liter Aqua untuk 10 liter air bersih adalah program tanggung jawab sosial dengan mekanisme unik dan inovatif sehingga diharapkan dapat meningkatkan loyalitas para penggunanya. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : Seberapa besar pengaruh program Cause Related Marketing (CRM) terhadap loyalitas pengguna produk air mineral Aqua (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lampung)? Elisa Br Ginting Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh program Cause Related Marketing (CRM) terhadap loyalitas pengguna produk Air Mineral Aqua (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lampung) dan Untuk mengetahui dimensi Cause Related Marketing (CRM) manakah yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pengguna produk air mineral Aqua. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ? Program Cause Related Marketing (CRM) berpengaruh positif terhadap loyalitas pengguna produk air mineral Aqua (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lampung). Pada penelitian ini mahasiswa yang menjadi responden yakni dari angkatan akademik tahun 2006- 2009 yang dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan cara purposive sampling dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 97 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif menganalisis permasalahan dan mencari jalan pemecahan masalah dengan menggunakan data yang terkumpul dari hasil kuesioner yang dihubungkan dengan teori pemasaran atau pendekatan-pendekatan yang berkaitan dengan program CRM dalam menganalisis pengaruh terhadap loyallitas pengguna AMDK Aqua di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan regresi binary logistik dengan bantuan SPSS 13.0 Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa pengaruh program Cause Related Marketing (CRM) ?1 untuk 10? terhadap loyallitas pengguna Produk AMDK Aqua di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung signifikan pada tingkat signifikan yang digunakan yaitu 0,05 dengan probabilitas 0.000. Maka dapat disimpulkan bahwa program CRM berpengaruh dalam meningkatkan loyalitas pengguna produk AMDK merek Aqua. Uji ketepatan model regresi binary logistik dengan uji Hosmer and Lemeshow diperoleh nilai chi square = 7.435 dengan level keyakinan sebesar 0,491. Angka tersebut lebih besar dari 0,05 atau 5 persen maka Ho diterima yang berarti model yang dihipotesakan fit dengan data. Nilai Nagelkerke R2 sebesar 0.209 berarti bahwa variabel program Cause Related Elisa Br Ginting Marketing (CRM) mampu memberikan pengaruh dalam meningkatkan loyalitas pengguna produk AMDK merek Aqua sebesar 20.9 % sedangkan sisanya 79.1 % dipengaruhi dari variabel lain di luar model. Dimensi Cause Related Marketing (CRM) yang memiliki nilai signifikansi t < .05 yaitu dimensi kesesuaian dan dimensi jumlah investasi dengan nilai signifikan t sebesar .029 dan .028. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dimensi kesesuaian dan jumlah investasi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel loyalitas pengguna. Sementara itu, 2 (dua) dimensi lainnya yakni durasi dan keterlibatan manajemen masingmasing memiliki nilai signifikan t sebesar .454 dan .718 . Kedua nilai tersebut > dari .05, sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi durasi dan keterlibatan manajemen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengguna produk AMDK merek Aqua. Abstract The globalization era has brought a tremendous impact for businesses, such as rapid technological developments, changes of the market behavior from market sellers market to buyers market so that consumers will become increasingly powerful in the market, and increasing competition in business. Therefore, businessmen should formulate a business strategy that can be overcome if those impacts. Strategy that was applied by companies in Indonesia are making a series of activities or a part of sales promotion are social. Embodiment of social responsibility (CSR), among others, soisal alliance formation. Where is a popular form of social alliance of CSR is a Cause Related Marketing (CRM). Cause is understood as a social activity that is supported by the company through fundraising activities that invite consumers to participate with buy products with a specific label. CRM Program Aqua 1 liter to 10 liters of clean water is a social responsibility program with unique and innovative mechanism that is expected to increase the loyalty of its users. Issues discussed in this research is: How much influence does the program Cause Related Marketing (CRM) to the loyalty of Aqua mineral water product users (students of Faculty of Economics Studies at the University of Lampung)? This study aims to determine how much impact the program Cause Related Marketing (CRM) product user loyalty Aqua Mineral Water (Study on the students of Faculty of Economics, University of Lampung), and to know the dimensions of Cause Related Marketing (CRM) is most influential to the loyalty of users of water products Aqua minerals. The hypothesis of this study is "Courses Cause Related Marketing (CRM) positive effect on loyalty Aqua mineral water product users (students of Faculty of Economics Studies at the University of Lampung). In this study, students who became respondents of force that is academic year 2006-2009 conducted by nonprobability sampling technique with the purposive sampling and the number of samples obtained as many as 97 respondents. The analysis tools are qualitative analysis and quantitative analysis.Qualitative analysis to analyze problems and find a solution to the problem by using data collected from questionnaires that are connected with the theory of marketing or approaches relating to the CRM program in analyzing the impact of bottled water users loyallitas Aqua at the Faculty of Economics, University of Lampung. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan regresi binary logistik dengan bantuan SPSS 13.0 Quantitative analysis performed using binary logistic regression with SPSS 13.0 Based on the calculation result known that the effect of the program Cause Related Marketing (CRM) "1 for 10" to the user loyallitas Aqua bottled water products in the Faculty of Economics, University of Lampung significant at the significance level used is 0.05 with probability 0.000. So we can conclude that CRM programs influence to enhance user loyalty Aqua brand bottled water product. Test the accuracy of binary logistic regression model with Hosmer and Lemeshow test was obtained value of chi square = 7435 with a confidence level of 0.491. This figure is greater than 0.05 or 5 percent, the Ho is accepted, which means the hypothesized model fit the data. Nagelkerke R 2 value of 0209 means that the program variable Cause Related Marketing (CRM) can give the effect in improving user loyalty Aqua brand bottled water product at 20.9% while the remaining 79.1% influenced of other variables outside the model. Dimensions Cause Related Marketing (CRM), which has a significant value of t <.05 ie dimensions and dimensional conformity with the investment of significant value t equal to .029 and .028. Therefore, we can conclude that the dimensions of appropriateness and amount of investment significantly influence users' loyalty variable. Meanwhile, 2 (two), ie, duration and other dimensions of management involvement each has a significant value of t equal to .454 and .718. Both these values> from .05, so it can be concluded that the duration and dimensions of management's involvement does not significantly influence brand loyalty Aqua bottled water product users. %D 2010 %L eprints19450