title: PERSEPSI PENGGUNA PADA PELAYANAN  BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI  DAERAH (BPAD) LAMPUNG
creator: 0616031034, GLORIA ELMI ELISABETH SINAGA
subject:  
description: Perpustakaan adalah gudang buku yang banyak memberikan manfaat bagi masyarakat  sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan juga informasi. Begitupun halnya  dengan Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD) Lampung.  BPAD adalah perpustakaan daerah yang ada di Provinsi Lampung sebagai salah satu  instansi pemerintah yang langsung melayani kebutuhan masyarakat akan informasi  dengan tujuan mewujudkan masyarakat Lampung yang berbudaya, cerdas, maju,  mandiri, dan sadar informasi. Namun, keberadaan BPAD ini kurang mendapat  perhatian dari masyarakat karena dapat dilihat sepinya pengguna pada saat jam kerja.  Sepinya pengguna pada saat jam kerja ini menjadi pertanyaan apakah disebabkan  oleh pelayanannya yang kurang memuaskan atau tidak. Karena itu penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna pada pelayanan yang diberikan oleh  BPAD, dengan mengacu pada 5 dimensi dalam menentukan kualitas jasa pelayanan,  yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles.  Metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif, yang bersifat  menerangkan dalam bentuk uraian. Penelitian ini menggunakan teknik Accidental  Sampling. Accidental Sampling adalah teknik sampling yang dilakukan terhadap  orang atau benda yang kebetulan ada atau dijumpai. Informan dalam penelitian ini  adalah para pengguna yang pada saat itu berada di BPAD. Jumlah informan dalam  penelitian ini sebanyak 6 orang.  Hasil penelitian mengatakan bahwa persepsi pengguna terhadap keramahan  pustakawan adalah cukup baik, dimana 2 orang informan mengatakan ada beberapa  pustakawan BPAD yang kurang ramah dan kurang tersenyum kepada pengunjung.  Persepsi pengguna terhadap keperdulian pustakawan adalah baik adanya karena  pustakawan selalu membantu pengguna yang kesulitan dalam pencarian buku.  Persepsi pengguna terhadap cara berkomunikasi dengan pengguna yang datang  adalah cukup baik karena pustakawan kurang menjalin komunikasi dengan para  pengguna. Persepsi pengguna terhadap kebersihan dan kenyamanan ruangan adalah  baik karena seluruh informan merasa sangat nyaman dan senang saat membaca atau  mencari buku di BPAD. Persepsi pengguna terhadap peralatan yang ada di BPAD  adalah cukup baik karena pengguna menginginkan supaya BPAD menggunakan  sistem komputerisasi untuk memudahkan pencarian buku.
date: 2012-01-23
type: Artikel
type: PeerReviewed
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19490/1/ABSTRACT%20Skripsi.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19490/2/Abstrak.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19490/3/Bab%20I.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19490/4/Bab%20III.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19490/5/Bab%20II.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19490/6/Bab%20IV.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19490/7/BAB%20V%20Kompre.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/19490/8/Bab%20IV.pdf
identifier:   0616031034, GLORIA ELMI ELISABETH SINAGA  (2012) PERSEPSI PENGGUNA PADA PELAYANAN BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI DAERAH (BPAD) LAMPUNG.  Digital Library.       
relation: http://digilib.unila.ac.id/19490/