TY - JOUR ID - eprints19546 UR - http://digilib.unila.ac.id/19546/ A1 - 0643041001, Agus Susilo Y1 - 2016/01/23/ N2 - Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tuturan bertanya siswa Taman Kanak-kanak LPMK Seputih Agung Lampung Tengah tahun pelajaran 2010/2011 di lingkungan sekolah dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dan sumber datanya adalah tuturan antarsiswa, tuturan antara guru dan siswa, dan tuturan antara siswa dengan orang lain yang ada di lingkungan sekolah pada siswa Taman Kanak- kanak LPMK Seputih Agung Lampung Tengah tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tuturan bertanya yang muncul dilakukan dengan dua cara, yakni bertanya langsung dan bertanya tidak langsung. Tuturan bertanya tidak langsung terdiri atas (1) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur memerintah, (2) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur memberitahukan, (3) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur mengajak, dan (4) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur memohon. Hasil penelitian berimplikasi pada pembelajaran bahasa di taman kanak-kanak sebagai tambahan referensi bagi guru agar menggunakan metode tanya jawab dalam kegiatan belajar mengajar supaya siswa terbiasa dan berani untuk bertanya. JF - Digilib Library TI - TUTURAN BERTANYA SISWA TAMAN KANAK-KANAK LPMK SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011 DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA AV - public ER -