%A NIA SARIANI 0613034038 %J Digital Library %T HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SUASANA SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar dan suasana sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pembelajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri 4 kelas yang berjumlah 169 siswa. Jumlah sampel yang diambil 40% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 68 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung, yang ditunjukkan dengan rx1 = 0,658 dengan tingkat keeratan hubungan yang kuat dan signifikan yaitu rhitung 0,658 > rtabel 0,239 dengan taraf signifikan (?) = 0,05. Hal ini berarti ada kecenderungan semakin disiplin belajar maka semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai. Sebaliknya semakin tidak disiplin belajar maka semakin rendah prestasi belajar geografi yang dicapai siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung. (2) terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara suasana sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung, yang ditunjukkan dengan rx2 = 0,632 dengan tingkat keeratan hubungan yang kuat dan signifikan yaitu rhitung 0,632 > rtabel 0,239 dengan taraf signifikan (?) = 0,05. Hal ini berarti ada kecenderungan semakin baik suasana sekolah maka semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai. Sebaliknya semakin buruk suasana sekolah maka semakin rendah prestasi belajar geografi yang dicapai siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung. (3) terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan suasana sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung, yang ditunjukkan dengan rx1x2y = 0,754 dengan tingkat keeratan hubungan yang kuat dan signifikan yaitu rhitung 0,754 > rtabel 0,239 dengan taraf signifikan (?) = 0,05. Hal ini berarti ada kecenderungan semakin disiplin belajar siswa dan semakin baik suasana sekolah maka semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai. Sebaliknya semakin tidak disiplin belajar siswa dan semakin buruk suasana sekolah maka semakin rendah prestasi belajar geografi yang dicapai siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung. %D 2010 %L eprints19565