title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDARLAMPUNG T.P. 2010/1011 creator: 0713021044, Rini Kurniawati subject: description: Model pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas sangat berpengaruh ter- hadap keberhasilan siswa dalam belajar. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, diperlukan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pem- belajaran yang dapat digunakan pada pelajaran matematika adalah model pem- belajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah se- l uruh si swa kel as VIII SMP Negeri 5 Bandar l ampung t ahun pelajaran 2010/2011 yang terdistribusi dalam enam kelas. Dari enam kelas yang ada, dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas yang terpilih adalah VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasl analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah 59,91, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional adalah 47,36. date: 2016-01-23 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19636/1/0713021044-ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19636/2/0713021044-KESIMPULAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19636/3/0713021044-pendahuluan.pdf identifier: 0713021044, Rini Kurniawati (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDARLAMPUNG T.P. 2010/1011. Digilib Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/19636/