%0 Journal Article %A 0713021044, Rini Kurniawati %D 2016 %F eprints:19636 %J Digilib Library %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDARLAMPUNG T.P. 2010/1011 %U http://digilib.unila.ac.id/19636/ %X Model pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas sangat berpengaruh ter- hadap keberhasilan siswa dalam belajar. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, diperlukan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pem- belajaran yang dapat digunakan pada pelajaran matematika adalah model pem- belajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah se- l uruh si swa kel as VIII SMP Negeri 5 Bandar l ampung t ahun pelajaran 2010/2011 yang terdistribusi dalam enam kelas. Dari enam kelas yang ada, dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas yang terpilih adalah VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasl analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah 59,91, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional adalah 47,36.