TY - JOUR ID - eprints19637 UR - http://digilib.unila.ac.id/19637/ A1 - 0713021048, Sella Erin Yustisia Y1 - 2016/01/23/ N2 - Kemampuan pemahaman konsep geometri merupakan salah satu kemampuan ber- pikir matematis yang harus dikuasai siswa. Umumnya kemampuan pemahaman konsep geometri siswa SMK masih rendah. Melalui penerapan model pembelajar- an van Hiele yang menyesuaikan antara waktu, materi, serta metode pembelajaran dengan tahap berpikir siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah de- sain eksperimen semu, yaitu pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah selu- ruh siswa SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011, melalui teknik Purposive Random Sampling, diperoleh kelas XI TKJ 1 dan kelas XI TKJ 2 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan analisis data diperoleh, rata-rata skor tes pemahaman konsep geometri pada pembelajaran model van Hiele lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional, dan disimpulkan bahwa penerapan model pem- belajaran van Hiele berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep geometri. JF - Digilib Library TI - ENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI AV - public ER -