creators_name: 0713021048, Sella Erin Yustisia type: article datestamp: 2016-01-25 06:58:22 lastmod: 2016-01-25 06:58:22 metadata_visibility: show title: ENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI ispublished: pub subjects: General full_text_status: public abstract: Kemampuan pemahaman konsep geometri merupakan salah satu kemampuan ber- pikir matematis yang harus dikuasai siswa. Umumnya kemampuan pemahaman konsep geometri siswa SMK masih rendah. Melalui penerapan model pembelajar- an van Hiele yang menyesuaikan antara waktu, materi, serta metode pembelajaran dengan tahap berpikir siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah de- sain eksperimen semu, yaitu pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah selu- ruh siswa SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011, melalui teknik Purposive Random Sampling, diperoleh kelas XI TKJ 1 dan kelas XI TKJ 2 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan analisis data diperoleh, rata-rata skor tes pemahaman konsep geometri pada pembelajaran model van Hiele lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional, dan disimpulkan bahwa penerapan model pem- belajaran van Hiele berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep geometri. date: 2016-01-23 date_type: published publication: Digilib Library refereed: TRUE citation: 0713021048, Sella Erin Yustisia (2016) ENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI. Digilib Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/19637/1/0713021048-abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/19637/2/0713021048-kesimpulan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/19637/3/0713021048-pendahuluan.pdf