%0 Journal Article %A 0713023047, TERESA ENINTA B. %D 2016 %F eprints:19647 %J Digilib Library %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAM-BASA %U http://digilib.unila.ac.id/19647/ %X Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran sa- ngat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Untuk mendapatkan ting- kat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran dalam strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajar- an berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan pe- nguasaan konsep siswa pada materi pokok asam-basa. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menghantar- kan siswa untuk memahami suatu masalah yang terjadi dan berupaya menyelesai- kannya dengan melakukan penyelidikan mandiri dalam interaksi bersama teman- nya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Natar kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki kemampuan kognitif relatif sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan selisih skor pretes dan postes (gain ternor- malisasi). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembela- jaran berbasis masalah memiliki keterampilan berkomunikasi dan tingkat pengua- saan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konven- sional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep siswa.