creators_name: 0713023047, TERESA ENINTA B. type: article datestamp: 2016-01-25 07:01:20 lastmod: 2016-01-25 07:01:20 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAM-BASA ispublished: pub subjects: General full_text_status: public abstract: Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran sa- ngat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Untuk mendapatkan ting- kat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran dalam strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajar- an berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan pe- nguasaan konsep siswa pada materi pokok asam-basa. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menghantar- kan siswa untuk memahami suatu masalah yang terjadi dan berupaya menyelesai- kannya dengan melakukan penyelidikan mandiri dalam interaksi bersama teman- nya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Natar kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki kemampuan kognitif relatif sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan selisih skor pretes dan postes (gain ternor- malisasi). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembela- jaran berbasis masalah memiliki keterampilan berkomunikasi dan tingkat pengua- saan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konven- sional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep siswa. date: 2016-01-23 date_type: published publication: Digilib Library refereed: TRUE citation: 0713023047, TERESA ENINTA B. (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAM-BASA. Digilib Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/19647/1/0713023047-abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/19647/2/0713023047-kesimpulan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/19647/3/0713023047-pendahuluan.pdf