@article{eprints19650, month = {Januari}, title = {PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS DISERTAI ANIMASI DENGAN TANPA ANIMASI PADA SISWA KELAS XI SMA N 14 BANDAR LAMPUNG 2010/2011}, author = {YUYUN DWI KARTIKA 0713023053}, year = {2016}, journal = {Digilib Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/19650/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi di SMA N 14 Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran yang digunakan masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan diskusi. Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami konsep kesetimbangan kimia serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi berbasis keterampilan generik sains disertai media animasi. Tujuan penelitian ini adalah menentukan ada tidaknya perbedaan penguasaan konsep kesetimbangan kimia antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode diskusi berbasis keterampilan generik sains disertai animasi dengan dengan tanpa animasi dan menetukan penguasaan konsep kesetimbangan kimia yang lebih tinggi antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode diskusi berbasis keterampilan generik sains disertai animasi dengan tanpa animasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan penguasaan konsep kesetim- bangan kimia antara pembelajaran menggunakan metode diskusi berbasis ke- terampilan generik sains disertai animasi dengan tanpa animasi. (2) penguasaan konsep kesetimbangan kimia siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode diskusi berbasis KGS disertai animasi lebih tinggi dibanding dengan tanpa animasi.} }