<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA KAKAK ASUH DAN\r\nADIK ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR ADIK ASUH\r\n(Studi Pada Anggota Organisasi Pasukan Inti Siswa di SMA Negeri 2\r\nBandar Lampung)"^^ . "Abstrak\r\n\r\nTugas seorang siswa yang utama adalah belajar. Namun, para siswa sering lalai dalam\r\nbelajar. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi, baik yang muncul dari diri mereka sendiri\r\n(internal motivation) maupun yang dari lingkungan mereka (external motivation). Motivasi\r\ndari lingkungan bisa datang dari lingkungan keluarga, teman, maupun organisasi. Sebagian\r\nbesar waktu luang siswa dihabiskan di dalam organisasi atau ekstrakurikuler di sekolah.\r\nMotivasi dapat tumbuh dengan dorongan dari sesama anggota organisasi. Motivasi yang\r\ntumbuh dari sesama anggota organisasi inilah yang biasanya berupa komunikasi antarpribadi.\r\nOleh sebab itu, dalam rangka membantu para anggota terutama anggota baru (siswa caraka)\r\nuntuk membimbing dan mengarahkan mereka selama menjadi anggota PASIS di SMA\r\nNegeri 2 Bandar Lampung, dibuatlah sebuah program yang dinamakan program keluarga\r\nasuh. Setiap anggota baru organisasi PASIS diberikan satu orang kakak asuh untuk\r\nmembimbingnya baik dalam beradaptasi dengan organisasi PASIS maupun dengan keadaan\r\ndi sekolah termasuk belajar. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan antarpribadi.\r\nDengan hubungan antarpribadi yang erat maka akan terjalin keakraban atau kedekatan antara\r\nkakak asuh dan adik asuh. Apabila kakak asuh berhasil menjadi orang yang dipercaya,\r\ndihormati, dan didengarkan oleh adik asuh, diharapkan akan lebih mudah dalam memberikan\r\ndorongan serta nasihat demi meningkatkan motivasi belajar adik asuh. Penelitian ini\r\ndilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan komunikasi\r\nantarpribadi antara kakak asuh dan adik asuh dengan motivasi belajar adik asuh di Organisasi\r\nPASIS SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Yang dimaksudkan hubungan disini adalah aspekaspek dari komunikasi antarpribadi seorang kakak asuh (keterbukaan, empati, sikap\r\nmendukung, kesetaraan, dan sikap positif) dalam meningkatkan motivasi belajar adik\r\nasuhnya.\r\nPenelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan\r\nmenggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner, observasi, dan studi pustaka.\r\nResponden penelitian ini diambil dengan menggunakan metode total sampling, sehingga dari\r\nkeseluruhan anggota PASIS yaitu 52 siswa, seluruhnya merupakan sampel penelitian. Selain\r\nitu dilakukan juga observasi langsung di lokasi penelitian sehingga data yang dikumpulkan\r\nmenjadi lebih akurat. Setelah data terkumpul, maka analisis data dilakukan dengan\r\nmenggunakan teknik presentase yang disajikan dengan tabulasi tunggal, serta dengan\r\nmenggunakan rumus Korelasi Product Moment.\r\nHasil analisis data menunjukkan bahwa secara umum komunikasi antarpribadi yang\r\ndilakukan antara kakak asuh dan adik asuh memiliki hubungan dengan motivasi belajar adik\r\nasuh, walaupun hubungan tersebut belum optimal. Hal tersebut dapat terlihat dari besaran\r\nhubungan komunikasi antarpribadi kakak asuh yang hanya sebesar 36,6%, yang dapat dilihat\r\ndari lemahnya besaran nilai pada aspek kesetaraan. Ini menunjukkan bahwa motivasi belajar\r\nadik asuh tidak hanya berhubungan dengan komunikasi antarpribadi dengan kakak asuh saja,\r\ntetapi dipengaruhi juga sebanyak 63,4% oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam\r\npenelitian ini seperti orang tua, keluarga, lingkungan sekitar, lingkungan sekolah, guru, dan\r\nteman-teman sebaya. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa apabila kakak asuh melakukan\r\nkomunikasi antarpribadi yang lebih baik, maka motivasi belajar adik asuh akan menjadi\r\nsemakin baik pula.\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nThe main duty of a student is learning. However, students often lazy to learn. This is due to a\r\nlack of motivation, whether that comes from their own (internal motivation) or that of their\r\nenvironment (external motivation). Motivation can come from the environment of family,\r\nfriends, and organizations. Students spent most of their spare time in the organization or\r\nextracurricular activities at school. Motivation can grow with encouragement from fellow\r\nmembers of the organization. Motivation that grew from a fellow member of this\r\norganization usually comes in the form of interpersonal communication. Therefore, in order\r\nto assist the members especially the new members (Caraka) to guide and direct them in\r\nPASIS in SMA 2 Bandar Lampung, they invented a program called foster family program.\r\nEach new member is given one person kakak asuh to guide him well in adapting to\r\norganization or to the circumstances at the school, including learning. The approach taken is\r\ninterpersonal approach. Strong interpersonal relationships will establish intimacy or closeness\r\nbetween kakak asuh and adik asuh. If kakak asuh managed to become a trusted, respected,\r\nand listened to by adik asuh, that will be easier in giving encouragement and advice in order\r\nto enhance learning motivation of adik asuh. This research aims to find out whether there is\r\nany correlations between interpersonal communication of Kakak Asuh and Adik Asuh and\r\nAdik Asuh’s learning motivation in PASIS Organization SMA 2 Bandar Lampung. What\r\ncorrelations meant here is the aspects of interpersonal communication (openness, empathy,\r\nattitude, support, equality and positive attitudes) of Kakak Asuh in increasing learning\r\nmotivation of Adik Asuh.\r\nThis research carried out using quantitative descriptive method by using data collecting\r\ninstrument in the form of questionnaires, observation, and literature. Respondents of this\r\nstudy were taken using a total sampling method. So that from the overall 52 students of\r\nPASIS members was entirely the research sample. The research also done on the direct\r\nobservation at SMA 2, so that data collected is more accurate. After the data collected, the\r\ndata was analyzed by using techniques that are presented with the single tabulation, as well as\r\nby using the Product Moment Correlation formula.\r\nResults of data analysis shows that in general, interpersonal communication between kakak\r\nasuh and adik asuh have correlations with adik asuh’s learning motivation, although the\r\ncorrelations is not optimal. It shows by the magnitude of interpersonal communication\r\ncorrelations which is only at 36.6%. It can be seen from the weak scale value on equality\r\naspects. This suggests that adik asuh’s learning motivation is not only related to interpersonal\r\ncommunication with kakak asuh, but also as many as 63.4% influenced by other variables not\r\naddressed in this study, such as parents, family, neighborhood, school environment, teachers\r\nand peers. Finally we can conclude that if kakak asuh do a better interpersonal\r\ncommunication, adik asuh’s learning motivation will also be better."^^ . "2012-01-25" . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "YESI RIZKI AMELIA"^^ . "NN"^^ . "YESI RIZKI AMELIA NN"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA KAKAK ASUH DAN\r\nADIK ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR ADIK ASUH\r\n(Studi Pada Anggota Organisasi Pasukan Inti Siswa di SMA Negeri 2\r\nBandar Lampung) (File PDF)"^^ . . . "YESI RIZKI AMELIA.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA KAKAK ASUH DAN\r\nADIK ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR ADIK ASUH\r\n(Studi Pada Anggota Organisasi Pasukan Inti Siswa di SMA Negeri 2\r\nBandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA KAKAK ASUH DAN\r\nADIK ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR ADIK ASUH\r\n(Studi Pada Anggota Organisasi Pasukan Inti Siswa di SMA Negeri 2\r\nBandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA KAKAK ASUH DAN\r\nADIK ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR ADIK ASUH\r\n(Studi Pada Anggota Organisasi Pasukan Inti Siswa di SMA Negeri 2\r\nBandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA KAKAK ASUH DAN\r\nADIK ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR ADIK ASUH\r\n(Studi Pada Anggota Organisasi Pasukan Inti Siswa di SMA Negeri 2\r\nBandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA KAKAK ASUH DAN\r\nADIK ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR ADIK ASUH\r\n(Studi Pada Anggota Organisasi Pasukan Inti Siswa di SMA Negeri 2\r\nBandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #19694 \n\nHUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA KAKAK ASUH DAN \nADIK ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR ADIK ASUH \n(Studi Pada Anggota Organisasi Pasukan Inti Siswa di SMA Negeri 2 \nBandar Lampung)\n\n" . "text/html" . . . " " . .