title: nn creator: nn, deni ardian subject: description: Abstrak Bank di Indonesia saat ini semakin mengalami kemajuan dalam berbagai macam pelayanannya, terutama dewasa ini,dimana fitur dan kualitas servis dari bank semakin beraneka ragam dan semakin canggih.Salah satu layanan bank tersebut adalah internet banking.Bank Mandiri dalam hal ini berusaha mengeluarkan produk dan layanan jasa yang lebih spesifik agar dapat memberikan kepuasan yang maksimal bagi para nasabahnya dan juga menjaring konsumen lebih luas, sehingga unggul di dalam persaingan. Sebab kepuasan konsumen bukan hanya berasal dari features produk semata tetapi harus merupakan gabungan antara fitur dan kualitas servis yang diberikan. Penelitian ini dilakukan di PT Bank Mandiri Tbk Cabang Teluk Betung, dimana yang menjadi objek penelitaian adalah kualitas jasa yang memiliki lima sub variabel yaitu: keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), kepastian (Assurance), empati (Emphaty) dan Berwujud (Tangiable) sedangkan variabel yang lainnya adalah loyalitas nasabah yang memiliki 3 indikator yaitu:pembelian ulang, penolakan terhadap produk pesaing, memberikan referensi kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kualitas jasa Internet Banking Mandiri, mengetahui tanggapan nasabah akan kualitas jasa Internet Banking Mandiri dan sejauh mana kualitas jasa Internet Banking dapat mempengaruhi nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Teluk Betung Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari hasil kuesioner,data dari internet, Website Bank Mandiri: www.bankmandiri.co.id, dan juga dari berbagai literatur dan majalah. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah analisis statistik Rank Spearman. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-statistik 1 pihak (pihak kanan) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian yang menggunakan uji t-statistik 1 pihak (kanan) menunjukan bahwa Antara kualitas jasa Internet Banking Mandiri terhadap loyalitas nasabah terdapat pengaruh yang sedang (rs= 0,427). Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa besarnya pengaruh yang dapat diberikan oleh kualitas jasa Internet Banking terhadap loyalitas adalah sebesar 18,23% dan sisanya sebesar 81,77% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji distribusi t, didapat t hitung = 2,498 dan t tabel = 1,701, ini berarti t hitung > t tabel , maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang berarti hipotesis yang penulis ajukan: ”Kualitas jasa Internet Banking berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Teluk Betung” dapat diterima. Abstrak Banks in Indonesia is currently more progress in a variety of services, especially nowadays, where the features and quality of service from the bank increasingly diverse and increasingly canggih.Salah one such bank is the internet service banking.Bank Mandiri in this case trying to remove the products and services more specific services in order to provide maximum satisfaction to its customers and also attract a wider consumer, so superior in the competition. Because consumer satisfaction is not only derived from the product features alone but should be a combination of features and quality service. This research was conducted at PT Bank Mandiri Tbk Branch Teluk Betung, where the object penelitaian is the quality of services that are five sub variables are: reliability (Reliability), power responsive (responsiveness), certainty (assurance), empathy (Emphaty) and Tangible ( Tangiable) while the other variable is customer loyalty that has three indicators, namely: repeat purchases, the rejection of competing products, provide references to other people. The purpose of this study is to determine how the implementation of Mandiri Internet Banking service quality, customers know the response will Mandiri Internet Banking service quality and extent of Internet banking service quality may affect customers of PT Bank Mandiri Tbk Branch Teluk Betung Data used in this study are data from questionnaires, data from the Internet, Bank Mandiri Website: www.bankmandiri.co.id, and also from various literature and magazines. To achieve the research objectives, methods used are statistical analysis Rank Spearman. Hypothesis testing using t-statistics one side (right side) on the real level 5%. The experimental results using t-statistics one side (right) shows that between the service quality of Internet Banking Mandiri customer loyalty have the effect of moderate (rs = 0.427). Based on calculations using the coefficient of determination can be explained that the level of influence that can be provided by the Internet Banking service quality on loyalty is at 18.23% and the rest equal to 81.77% influenced by other factors. Based on calculations using the t distribution test, got t count = 2.498 and t table = 1.701, this means t count> t table, it can be concluded that the H0 hypothesis is rejected which means that authors ask: "The quality of Internet banking services significantly influence loyalty PT Bank Mandiri Tbk customers Branch Teluk Betung "acceptable. date: 2012-01-24 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/1/daftar%20pustaka.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/2/KUESIONER%20%28LAMP%201%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/3/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/4/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/5/bab%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/6/BABV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/7/BAB%20I%20udah%20di%20edit%20siap%20cetak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/8/BAB%20I%20udah%20di%20edit%20siap%20cetak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/9/BAB%20II%20udah%20diedit.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19705/10/BAB%20III.pdf identifier: nn, deni ardian (2012) nn. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/19705/