<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MOTIVASI DAN KEPUASAN CHATTERS DALAM PENGGUNAAN\r\nWEB CAMERA\r\n(Studi Uses and Gratifications pada pengguna Web Camera di Warnet SKYNet Metro)"^^ . "Abstrak\r\n\r\nChatters merupakan khalayak yang aktif dalam aktivitas ber-chatting dan kegiatan\r\nber-internet di lingkungan dunia maya pada khususnya dan di lingkungan chatters\r\nlainnya. Berangsur-angsur terdapat banyak media pendukung ber-chatting\r\nsekarang ini, hingga membuat para chatters mempunyai keinginan mencoba hal\r\nhal baru dalam cara chatting. Media pendukung chatting seperti web camera,\r\nmendapat respon yang baik oleh para chatters.\r\nWeb camera adalah salah satu media pendukung komunikasi yang menjadi pilihan\r\nuntuk digunakan bagi kalangan chatters. Media ini merupakan media komunikasi\r\nyang cukup popular dan banyak diminati oleh kalangan chatters. Berdasarkan\r\nhasil pra riset pada bulan februari 2009, diketahui bahwa Web camera adalah\r\nmedia pendukung komunikasi yang paling banyak diminati oleh chatters,\r\nkhususnya di lingkungan Warnet SKY-Net, dibandingkan pada pengguna warnet\r\nlainnya.\r\nBerdasarkan hal tersebut, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah\r\napa yang menyebabkan chatters lebih memilih web camera, dibandingkan media\r\npendukung lainnya. Bahkan, di bandingkan dari web camera terdapat media lain\r\nyang dapat digunakan oleh chatters, justru kurang diminati oleh chatters.\r\nTujuan penelitian ini adalah ingin melihat seberapa besar motivasi para chstters\r\ndalam memilih web camera untuk dipergunakan dalam ber-chatting, dan apa yang\r\nchatters dapatkan setelah menggunakan media pendukung tersebut.\r\nPenelitian ini bersandar pada teori uses and gratifications yang memiliki asumsi\r\ndasar bahwa khalayak dianggap aktif dalam penggunaan media massa, serta orang\r\nmenggunakan media karena didorong oleh motif-motif tertentu, dan ada berbagai\r\nkebutuhan yang dapat dipuaskan dengan menggunakan media massa. Metodedalam penelitian ini adalah eksplanatif, serta teknik analisis yang digunakan\r\nadalah analisis kuantitatif jalur atau path analisis.\r\nDari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa yang mendorong atau yang\r\nmenyebabkan chatters menggunakan web camera, karena adanya kebutuhan ingin\r\nmendapatkan kemudahan dalam mengetahui lawan chatting sesungguhnya. Hal ini\r\ndiperkuat dengan jenis rubrik yang paling banyak disukai oleh responden, yaitu\r\nfitur face to face atau komunikasi tatap muka dalam ber-chatting fitur yang\r\npaling sangat disukai oleh pengguna Web camera adalah tatap muka/face to\r\nface, tatap muka dalam ber-chatting (30 orang/46,2%), kemudian fitur Video\r\nMessaging atau pengiriman Video (31 orang/47,7%), dan fitur Streaming Media\r\natau Men-download film/MPE4 (35orang/53,8%). Dimana ketiga fitur-fitur\r\ntersebut adalah fitur berupa media komunikasi.\r\nFaktor personal memiliki pengaruh langsung (direct effect) yang positif terhadap\r\nmotivasi, sebesar 55,6%. Mayoritas faktor personal responden yang paling\r\ndominan berada pada kategori rendah dengan motivasi yang sedang yaitu\r\nsebanyak 10 orang (15,4%). Kemudian disusul oleh faktor personal yang berada\r\npada kategori tinggi dengan motivasi yang sedang yaitu sebanyak 7 orang\r\n(10,8%). Sedangkan faktor sosial memiliki pengaruh yang sedikit terhadap\r\nmotivasi 18,8%. Faktor sosial responden yang paling dominan berada pada\r\nkategori tinggi dengan motivasi tinggi 10 orang (15,4%). Motivasi yang memiliki\r\npengaruh yang positif terhadap penggunaan media, sebesar 51,7% (direct effect).\r\nMotivasi responden, paling dominan berada pada kategori sedang dengan\r\npenggunaan media yang sedang yaitu sebanyak 15 orang (23,1%). Penggunaan\r\nmedia yang mendapatkan pengaruh tidak langsung (indirect effect), yang\r\ndiperoleh dari faktor personal dan faktor sosial melalui motivasi sebesar 38,4%.\r\nTotal pengaruh (total effect) yang dibutuhkan dalam membentuk penggunaan\r\nmedia sebesar 90,1%.Penggunaan media memiliki pengaruh yang positif terhadap\r\ngratifikasi, sebesar 47,2% (direct effect). Sedangkan pengaruh tidak langsung\r\n(indirect effect) dalam pembentukan gratifikasi yang berasal dari faktor personal,\r\nfaktor sosial dan motivasi, melalui penggunaan media adalah sebesar 18%. Total\r\npengaruh (total effect) yang dibutuhkan dalam membentuk gratifikasi adalah\r\nsebesar 65,2%. Penggunaan media oleh responden paling dominan berada pada\r\nkategori sedang dengan gratifikasi yang sedang yaitu sebanyak 11 orang (16,9%).\r\nArtinya, jika penggunaan medianya sedang, maka gratifikasi yang meliputi\r\nkepuasan, pengetahuan, dan ketergantungan responden pada media, akan\r\nmenghasilkan tingkat yang sedang pula."^^ . "2012-01-25" . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "Desi Lestiarini"^^ . "nn"^^ . "Desi Lestiarini nn"^^ . . . . . "HTML Summary of #19734 \n\nMOTIVASI DAN KEPUASAN CHATTERS DALAM PENGGUNAAN \nWEB CAMERA \n(Studi Uses and Gratifications pada pengguna Web Camera di Warnet SKYNet Metro)\n\n" . "text/html" . . . " " . .