%A Yudhi Hermawan 0316051043 %J Digital Library %T BAB I PENDAHULUAN %X Perubahan lingkungan senantiasa terjadi terus?menerus dalam suatu masyarakat, secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan dan tata ekonomi, cara?cara pemasaran dan perilaku masyarakatnya. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan berkembang pesat, telah terjadi perubahan diberbagai sektor, termasuk dibidang industri dan produksi serta pada kegiatan usaha eceran di Indonesia yang telah berkembang menjadi usaha yang berskala besar. Perkembangan bisnis eceran yang pesat ini tidak lepas dari faktor meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan juga meningkatkan jumlah pendapatan perkapita penduduk Indonesia yang menyebabkan taraf hidup masyarakat Indonesia semakin meningkat. Hal ini membawa dampak kepada pola perilaku belanja seseorang, dimana semakin meningkatnya taraf hidup seseorang maka tuntutan akan tempat berbelanja yang nyaman dan dapat menyediakan segala kebutuhan konsumen dalam satu lokasi semakin dibutuhkan. %D 2012 %L eprints19735