TY - JOUR ID - eprints19748 UR - http://digilib.unila.ac.id/19748/ A1 - 0713032002, DIAH FUJI LESTARI KADIR Y1 - 2016/01/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan pemanfaatan sumber belajar dari internet dengan prestasi belajar dalam menyelesaikan tugas mandiri mata pelajaran PKn kelas VIII SMP N 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan sampel yang berjumlah 36 orang responden dengan cara pengambilan sampel dilakukan menggunakan tehknik sampling yaitu mengambil 20 % dari populasi yang berjumlah 183 orang responden. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan rumus Chi Kuadrat Kontingensi. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh hasil yang signifikan bahwa X 2 hit X 2 tab dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan pada taraf signifikan 1% (0,01) diperoleh 22,81 dengan derajat kebebasan 4, serta mempunyai derajat keeratan hubungan antar variabel dalam kategori tinggi yakni dengan koefisien kontingensi C hit = 0,61 dan koefisien maksimum C maks = 0,816 terletak pada keeratan 0,56 0,83 (kategori tinggi). Dari hasil pengujian tersebut diketahui hubungan pemanfaatan sumber belajar dari internet dengan prestasi belajar dalam menyelesaikan tugas mandiri mata pelajaran PKn siswa kelas VIII SMP N 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2010/2011 berada pada derajat keeratan hubungan dalam kategori tinggi. Dengan demikian semakin tinggi intensitas pemanfaatan sumber belajar dari internet maka semakin tinggi prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan tugas mandiri mata pelajaran PKn JF - Digilib Library TI - HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DARI INTERNET DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM MENYELESAIKAN TUGAS MANDIRI MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP N 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2010/2011 AV - public ER -