<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL"^^ . "Abstrak\r\n\r\nDahulu pertelevisian Indonesia masih di dominasi TVRI. Hingga disahkannya\r\nUndang-Undang no 32 tahun 2002 tentang penyiaran oleh Komisi Penyiaran\r\nIndonesia (KPI). TVRI berubah fungsi dari PT (Perseroan terbatas) ke TV\r\nPublik. Dampak disahkannya UU tersebut juga bermunculan banyak stasiun\r\ntelevisi swasta lokal. Hal ini mendorong terjadinya kemungkinan merebut\r\npasar/audien sehingga diperlukan suatu strategi untuk mengelola program acara.\r\nProgram acara yang dibuat pasti akan mempertimbangkan publik atau khalayak\r\nyang menjadi sasaran. Dengan mengetahui target publik/khayalaknya,\r\nkomunikator (dalam hal ini media) sudah dapat mengetahui tujuan dan sasaran\r\nyang ingin dicapai, isi pesan yang ingin disampaikan, teknik dan strategi yang\r\ndigunakan untuk mempengaruhi khayalak. Maka yang menjadi rumusan masalah\r\npada penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi penyiaran program\r\nacara yang dilakukan TVRI Lampung sebagai lembaga penyiaran publik di tengah\r\npertumbuhan televisi lokal?\r\nOleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau\r\nmendeskripsikan strategi komunikasi penyiaran program acara TVRI Lampung\r\nsebagai lembaga penyiaran publik di tengah pertumbuhan televisi lokal\r\nberdasarkan khalayak yang menjadi sasaran. Strategi komunikasi tersebut berupa\r\nstrategi dalam perencanaan (planning) serta manajemen (management). Penelitian\r\nini tergolong tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan\r\ninforman berdasarkan teknik purposive sampling yakni penentuan informan\r\nberdasarkan kriteria tertentu sesuai pemahaman mereka terhadap objek yang\r\nditeliti.\r\nHasil penelitian penulis menggambarkan bahwa strategi komunikasi TVRI\r\nLampung dalam mengenal khalayak melalui segmentasi audiens yang dituju\r\nTVRI Lampung adalah seluruh khalayak Lampung dari segala lapisan baik secara\r\ngeografi, demografi, geodemografi maupun psikografis. TVRI Lampung sendiri\r\nbelum mempunyai targetting khusus pada program acara dikarenakan belum\r\nadanya riset untuk menentukan targetting tersebut. Penggunaan tagline sebagai\r\npositioning tidak terlalu berpengaruh besar bagi TVRI. Karena TVRI Lampung\r\nlebih menitikberatkan pada tayangan bermuatan lokal yang mengangkat budaya\r\ndaerah.\r\nStrategi komunikasi TVRI Lampung dalam menyiarkan program acaranya lebih\r\nmemilih mempromosikan program acaranya dengan sistem kerjasama dengan\r\nlembaga pemerintah/BUMN/BUMD dibandingkan dengan pihak swasta. TVRI\r\nLampung memiliki standar produksi dan diklat yang terstruktur serta memiliki\r\npola acara standar yang dibakukan oleh TVRI Nasional sehingga persaingan antar\r\ntelevisi yang ada di Lampung jika dikaitkan dengan jumlah iklan tidak terlalu\r\ndikhawatirkan. Program acara TVRI Lampung lebih menitik beratkan pada\r\ninformasi yang sebanyak 50%. aspek pendidikan sebanyak 37,5% serta aspek\r\nhiburan sebesar 12,5% dari jam tayang pkl 15.00-19.00 wib. TVRI Lampung\r\nmenggunakan strategi social marketing (pemasaran sosial) dengan konsep win win\r\nsolution. Sehingga TVRI tidak menjual program acara tapi mencari mitra untuk\r\ndiajak bekerjasama. Sistem koordinasi TVRI Lampung selalu dilakukan terlebih\r\nuntuk program-program acara yang sifatnya bekerjasama.\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nAt first Indonesian television still in the domination of TVRI. Until the ratification\r\nof regulations no 32 in 2002 about the broadcasting by Komisi Penyiaran\r\nIndonesia (KPI). TVRI changed function from the Jawatan Company to the Public\r\nTelevision. The impact of the ratification this constitution also sprang up many\r\nlocal television stations. This pushed the occurrence of the possibility of seizing\r\nthe market/audiens so it’s to be needed by a strategy to carry out the agenda\r\nprogram. The agenda program that was made certain will consider the public that\r\nbecame the target. By knowing the public's target, the communicator (in this case\r\nis media) could have known the aim and the target that wanted to be achieved, the\r\ncontents message that wanted to sent, the technique and the strategy that were\r\nused to influence audience.\r\nBecause of that this research aimed to explaining the broadcasting\r\ncommunication strategy of the agenda program TVRI Lampung as the\r\nbroadcasting agency of the public in the middle of the growth local television.\r\nBased on public that became the target. This communication strategy took the\r\nform of the strategy in planning (planning) as well as the management\r\n(management). The type of this research is descriptive research with the\r\nqualitative approach. The determination of the informant was based on the\r\ntechnique purposive sampling namely the determination of the informant be based\r\non criteria certain in accordance with their understanding of the object that was\r\nresearched.\r\nResults of the writer's research explained that the communication strategy of\r\nTVRI Lampung in knowing public through segmentation audiens that TVRI\r\nLampung was all the Lampung public from all the good layers in a manner\r\ngeography, demography, geodemography and pshicography. TVRI Lampung\r\npersonally did not yet have targeting especially in the agenda program becaused\r\nby the research lack to determine that targeting. The use tagline as positioning\r\nwas not too influential for TVRI. because TVRI Lampung more stressed in the\r\npresentation carried a local charge that promoted the regional culture.\r\nThe communication strategy of TVRI Lampung in broadcasting his agenda\r\nprogram more chose to promote his agenda program with co-operation system\r\nwith the organization of the government/BUMN/BUMD compared with private\r\nenterprise's side. TVRI Lampung had the standard production, education and\r\ntraining that structure as well as had the pattern of the standard agenda that was\r\nstandardised by TVRI Nasional so as the competition between available television\r\nin Lampung if being connected with the number of advertisements too much was\r\nnot worried. The agenda program of TVRI Lampung more dripped in information\r\nthat totalling 50%. the aspect of education totalling 37.5% as well as the aspect of\r\nentertainment of 12,5% of the hour carried pkl 15.00-19.00 WIB. TVRI Lampung\r\nused the social marketing strategy with the concept of win win solution. So as\r\nTVRI did not sell the agenda program but looked for the partner to be asked to\r\nco-operate. The co-ordination system of TVRI Lampung was always do more\r\nimportant for agenda program\r\n"^^ . "2012-01-25" . . . . "Digital library"^^ . . . . . . . . "Henny Dewi Laras Ati"^^ . "NN"^^ . "Henny Dewi Laras Ati NN"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (File PDF)"^^ . . . "abstrack english.pdf"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (File PDF)"^^ . . . "Abstrak.pdf"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI\r\nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #19751 \n\nSTRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN PROGRAM ACARA TVRI \nLAMPUNG DI TENGAH PERTUMBUHAN TELEVISI LOKAL\n\n" . "text/html" . . . " " . .