TY - JOUR ID - eprints19753 UR - http://digilib.unila.ac.id/19753/ A1 - NN, RISQI FEBRI MUTIA Y1 - 2012/01/25/ N2 - Abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi keluarga terhadap pengambilan keputusan pendidikan anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ?Seberapa besar pengaruh komunikasi keluarga terhadap pengambilan keputusan pendidikan anak??. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Responden penelitian ini diambil dengan menggunakan metode simple random sampling. Dari keseluruhan jumlah keluarga yang terdapat di lingkungan setempat yaitu 80 keluarga yang memiliki anak usia sekolah pada jenjang antara SMP dan SMA. Kemudian ditemukan 44 keluarga untuk menjadi sample penelitian. Setelah data terkumpul, maka analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik presentase yang disajikan dengan tabulasi tunggal dan tabel silang serta dengan menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r2 (r square) berarti bahwa komunikasi keluarga dapat memberikan pengaruh terhadap pengambilan keputusan pendidikan anak sebesar 43,3%. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa dengan adanya komunikasi keluarga yang didukung adanya keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan, maka pengambilan keputusan dapat berjalan melalui cara masing-masing keluarga dalam mengambil keputusan pendidikan anak. Adapun cara tersebut yaitu pengambilan keputusan melalui musyawarah, ayah dominan, ibu dominan, ayah dan ibu setara, ayah dan anak setara, ibu dan anak setara atau pun anak saja yang dominan. Abstract The purpose of this research is to find out how big the effect of family communication toward the decision making process of children education. The formulation of the problem in this research is ?How big is the effect of family communication toward the decision making process of children education?? This research is done by doing quantitative descriptive method and using questioner, reference study, and documentation. The respondent of this research is taken by using simple random sampling method in purpose from the whole number of families live in the same environment that is 80 families which own school-age children start from Junior High School level until Senior High School level, found 44 families to be the sample of this research. After the data is collected, the data analysis is done by doing presentation which is presented by single tabulation and crossed-table by using Simple Linear Regression formula. The result of this research shows that the value of r2 (r square) means that the family communication may give an effect to the decision making process of children education about 43.3%. It can be explained that by the existence of family communication which is supported by the openness, empathy, support, and positive equality behavior, the decision making process may run based on each family?s way in making a decision. The ways of making decision are by doing discussions, dominant father and mother, equality of father and mother, equality of father and children, equality of mother and children or only dominant children. JF - Digital Library TI - PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENDIDIKAN ANAK (Studi Pada Keluarga Batih di Kavling B Jalan Abdul Kadir RT 14 Kelurahan Raja Basa, Bandar Lampung) AV - restricted ER -