%0 Journal Article %A 0513023038, Nanang %D 2010 %F eprints:19768 %J Digital LIbrary %T PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/19768/ %X abstrak Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara dengan guru kimia SMAN 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2007-2008 diperoleh informasi bahwa rata-rata nilai tes formatif siswa semester genap kelas XI IPA pada materi pokok sistem koloid masih rendah, yaitu 60 dan yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 40%. KKM yang ditetapkan di sekolah tersebut adalah ≥ 70 dan suatu kelas dikatakan tuntas belajar apabila dikelas tersebut 80% siswa telah mencapai nilai ≥ 70.