TY - JOUR ID - eprints19805 UR - http://digilib.unila.ac.id/19805/ A1 - Nn, Gilang Permata Sari Y1 - 2012/01/25/ N2 - Abstrak Media massa saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Baik media cetak maupun elektronik. Hal tersebut tidak lepas dari peranan masyarakat yang dalam zaman modern ini mempunyai kehidupan dengan mobilitas tinggi. Berbagai macam informasi pun dibutuhkan untuk dapat menjalani aktivitasnya sehari-hari. Sehingga media massa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi. Televisi, salah satu jenis media massa elektronik ini juga mengalami sebuah kemajuan yang pesat. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari kemampuan sebuah stasiun televisi menayangkan tayangan yang bersifat hiburan dan informasi. Semua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan yang dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai audiens. Tayangan yang memberikan hiburan, sangat besar perannya bagi masyarakat disamping tayangan yang memberikan informasi. Dari situlah muncul berbagai ide untuk membuat tayangan yang sifatnya menghibur pada audiens. Salah satu stasiun televisi, Indosiar merupakan stasiun televisi swasta nasional yang menjadi salah satu bagian dari perkembangn media massa dalam televisi juga mengalami hal tersebut. Berbagai tayangan ditampilkannya. Baik yang bersifat hinuran dan informasi. Tayangan televisi Take Me Out, merupakan salah satu tayangan yang berkonsep sebagai ajang pencarian jodoh merupakan salah satu tayangan andalan yang ada di Indosiar. Pengemasan tayangan tersebut terbilang menarik. Sehingga banyak masyarakat yang senang akan tayangan tersebut. Dalam waktu beberapa minggu saja, tayangn tersebut sudah mampu menyedot banyak audiens untuk menonton tayangan yang menghibur tersebut. Semakin lama, tayangan tersebut menjadi tayangan yang memiliki jumlah penonton/ rating yang tinggi untuk kategori tayangan yang memberikan hiburan dalam stasiun televisi Indosiar. Hal tersebut menjadi salah satu peluang bisnis bagi beberapa kalangan. Melihat animo audiens yang tinggi pada tayangan tersebut, menggugah banyak bro iklan untuk memasarkan produk kliennya dengan menampilkan tayangan iklan produk mereka dalam jeda tayangan yang disediakan. Jeda tayangan yang berlangsung delama beberapa menit itu, menyebabkan audiens yang sedang ingin mencari hiburan merasa terganggu. Sehingga muncul fenomena Zapping. Yaitu sebuah perilaku audiens yang memindahkan saluran televisi ketika terjadi muncul tayangan iklan. Hal tersebut tentu meresahkan pihak pemasang iklan. Karena iklan yang mereka tampilkan tidak diperhatikan secara penuh oleh audiens. Zapping itu sendiri harus diketahui faktor-faktor penyebabnya sehingga para pemasang iklan dapat membuat iklan yang sesuai dengan keinginan audiens. Dalam penelitian ini, ditemukan banyak faktor yang menyebabkan audiens melakukan zapping. Diantaranya, faktor tayangan ilkan yang kurang menarik karena konsep skenario yang tidak kreatif, adanya tayangan di satasiun lain yang lebih menarik, tayangan iklan yang tidak mendidik, lamanya durasi iklan, juga karena adanya teknologi remote control. Abstract The mass media is currently experiencing very rapid progress. Both print and electronic media. It is the role of society in this modern age have a life with high mobility. Various kinds of information were required to undergo daily activities. So that the mass media of choice for the public to get information. Television, one type of electronic media is also experiencing a rapid progress. Progress can be seen from the ability of a television station broadcast impressions that are entertainment and information. All television stations competing to present the impression that the community can be an option as the audience. Impressions that provides entertainment, very big role to society besides impressions to give information. From there comes a variety of ideas to make impressions that are entertaining the audience. One television station, Indosiar is a national private television station which is one part of the mass media in a television development also experienced this. Various impressions reveal. Both entertaining and information. Take Me Out TV, is one of the impressions that concept as a venue for finding a mate is one of the mainstays of existing impressions in Indosiar. Impressions are spelled attractive packaging. So many people who enjoy going to these impressions. Within a few weeks, the show has been able to suck up a lot of audience to watch such an entertaining show. Increasingly, these impressions into a number of audience impressions / high rating for the category of impressions that provides entertainment in a television station Indosiar. It became one big business opportunity for some classes. Seeing the audience's interest is high on impressions it, arouse a lot of advertising to market the product bro its clients by displaying their products ad impressions in the gap provided impressions. Pause lasting impressions delama few minutes, causing the audience who are looking for entertainment annoyed. It emerges Zapping phenomenon. That is a behavior that the television audience during commercials appear. It is certainly troubling party advertisers. Because they display ads that are not considered fully by the audiences. Zapping itself must be known factors cause so that advertisers can create ads that match your audience desires. In this study, has found many factors that cause the audience to zapping. Among others, the factors impressions advertise less attractive because of the concept of scenarios that are not creative, any impressions on the other, more interesting station, ad impressions that do not educate, the duration of the ad duration, and also because of the remote control technology. JF - Digital Library TI - Faktor-faktor Penyebab Zapping Pada Audiens Televisi (Studi pada audiens tayangan televisi Take Me Out Indosiar Di keluarahan Kampung Baru Bandar Lampung) AV - public ER -