creators_name: 0646011016 , Herdita Sectio Caesaria type: article datestamp: 2016-01-25 08:47:18 lastmod: 2016-01-25 08:47:18 metadata_visibility: show title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS ( Study Kasus Pada Puskesmas Simpur Kota Bandar Lampung ) ispublished: pub subjects: General full_text_status: public abstract: Semakin ketatnya persaingan serta pengguna yang semakin selektif dan berpengetahuan mengharuskan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) selaku salah satu penyedia jasa layanan kesehatan untuk selalu meningkatkan kualitas layanannya. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan, terlebih dahulu harus diketahui layanan yang telah diberikan kepada pasien/pelanggan selama ini telah sesuai dengan harapan pasien/pelanggan atau belum. Oleh karena itu, Puskesmas dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan kepuasan pasien/konsumen (Pelanggan) dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan pasiennya meningkat. Pihak Puskesmas perlu secara cermat menentukan kebutuhan pasien/konsumen (Pelanggan) sebagai upaya untuk memenuhi harapan/keinginan dan meningkatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Menjalin hubungan dan menjaring pendapat terhadap pelanggan/pengguna perlu dilakukan agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan. Hal inilah yang disebut orientasi pada pasien/konsumen. Terciptanya kualitas layanan tentunya akan menciptakan kepuasan terhadap pengguna layanan. Kualitas layanan ini pada akhirnya dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya terjalinnya hubungan yang harmonis antarapenyedia layanan dan pelanggan, memberikan dasar yang baik bagi terciptanya loyalitas pelanggan, dan membangun suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mounth) yang menguntungkan bagi penyedia layanan tersebut. Puskesmas Simpur Kota Bandar Lampung merupakan Puskesmas yang telah menerapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Puskesmas yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan RI. Standar pelayanan ini berorientasi kepada kepuasan pelanggan dan merupakan standar yang komprehensif bagi pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas Simpur di Kota Bandar Lampung. Penerapan SPM dimaksudkan untuk meningkatkan mutu produk/jasa layanan sehingga dapat memberikan kepuasan pelanggan. date: 2010-01-25 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0646011016 , Herdita Sectio Caesaria (2010) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS ( Study Kasus Pada Puskesmas Simpur Kota Bandar Lampung ). Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/19895/1/SKRIPSI.pdf