%A ELSA DEWI MANDA SARI 0713032028 %J Digilib Library %T PENGARUH JENIS PENERAPAN SANKSI TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %X Disiplin diri pada anak dapat dipupuk dengan memberikan tata tertib yang mengatur siswa, tata tertib ini harus juga disertai dengan pengawasan akan terlaksananya tata tertib, dan memberikan pengertian serta sanksi pada setiap pelanggaran, yang kesemuanya itu akan timbul rasa keteraturan dan disiplin, karena dengan adanya disiplin maka rasa segan, rasa malas serta rasa menentang dapat mudah di atasi. Oleh karena penerapan sanksi dapat dilakukan sebagai upaya sekolah khususnya guru dalam memberi kepatuhan peserta didik pada norma atau tata tertib sekolah yang menggunakan tindakan sebagai bagian alat pendidikan di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh jenis penerapan sanksi terhadap tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pokok yang digunakan untuk menganalisis data adalah angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 479 siswa, sampel yang diambil adalah 10% dari populasi yaitu berjumlah 48 siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antar jenis penerapan sanksi terhadap tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Dan jenis penerapan sanksi yang paling berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 14 Bandar Lampung adalah jenis penerapan sanksi berupa hukuman pemberian tugas. %D 2016 %L eprints19901