@article{eprints19961, month = {Januari}, title = {ANALISIS PERBANDINGAN SIKAP KONSUMEN DALAM MEMILIH PASAR TRADISIONAL (PASAR TUGU BANDARLAMPUNG) DAN PASAR MODERN (CHANDRA SUPERSTORE CABANG TANJUNG KARANG)}, author = {Rani Hapsari Kusuma Asri 0611011023}, year = {2010}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/19961/}, abstract = {Abstrak Proses pemilihan tempat berbelanja tertentu sangat dipengaruhi oleh faktor sikap, karakteristik konsumen dan karakteristik tempat berbelanja. Adanya peranan sikap dalam perilaku konsumen memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Konsumen akan memilah-milah atau membanding-bandingkan karakteristik tempat berbelanja yang dirasakan dengan kriteria evaluasi dari pelanggan inti, selain itu terdapat faktor pembanding yang membuat masyarakat tetap senang berbelanja di pasar tradisional dan tidak menutup kemungkinan pula bahwa masyarakat juga senang berbelanja di pasar modern. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?Adakah perbedaan sikap antara konsumen pasar tradisional Pasar Tugu Bandar Lampung dan konsumen pasar modern Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang??, serta ?Berapakah besarnya perbedaan sikap konsumen pasar tradisional Pasar Tugu Bandar Lampung dan konsumen pasar modern Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang??. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan sikap antara konsumen pasar tradisional Pasar Tugu Bandar Lampung dan konsumen pasar modern Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang, serta untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbandingan sikap konsumen pasar tradisional Pasar Tugu Bandar Lampung dan konsumen pasar modern Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ada perbedaan sikap konsumen pasar tradisional Pasar Tugu Bandar Lampung dengan sikap konsumen pasar modern Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, dengan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Pasar Tugu Bandar Lampung dan Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang, sedangkan sampel diambil menggunakan rumus literasi, sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini sebesar 98 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t berpasangan dengan tingkat signifikansi {\ensuremath{\alpha}} = 0,05. Atribut-atribut yang dianalisis yaitu produk, harga, lokasi, promosi, people, proses dan prasarana fisik. Hasil penelitian setelah diadakan pengujian dengan uji-t secara parsial ditemukan perbedaan yang signifikan sebesar 0,000 berada dibawah level of significance yang digunakan ({\ensuremath{\alpha}} = 0,05) sehingga tolak Ho. Diketahui bahwa adanya perbedaan sikap konsumen pasar tradisional Pasar Tugu Bandar Lampung dan sikap konsumen pasar modern Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang pada variabel harga, lokasi, promosi, people, dan prasarana fisik, sedangkan pada variabel produk dan proses tidak ditemukan perbedaan yang signifikan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu Pengelola Pasar Tugu Bandar Lampung hendaknya memperhatikan faktor lokasi yang ada, melakukan promosi dan meningkatkan prasarana fisik pasar. Pasar Modern Chandra Superstore hendaknya menerapkan harga rendah dalam penjualan produknya. Abstrak Process the place election go shopping certain very influenced by attitude factor, characteristic of consumer and place characteristic shopping. Existence of attitude role in consumer behavior give the influence to purchasing decision. Consumer will be comparing of place characteristic shopping felt with the criterion evaluate from cutomer nucleus, others there are comparator factor making society remain to like to shop at the traditional market and do not close the possibility also that society also like to shop at the modern market. Problem of this research is " there any attitude difference of between traditional market consumer of Market of Port Monument Float and modern market consumer of Chandra Superstore Branch the Foreland Compose?", and also " What level of difference of traditional market consumer attitude of Market of Pasar Tugu Bandar Lampung and modern market consumer of Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang?". This research aim to to know is there any attitude difference of between traditional market consumer of Market of Pasar Tugu Bandar Lampung and modern market consumer of Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang, and also to know how big degree of comparison of traditional market consumer attitude of Market of Pasar Tugu Bandar Lampung and modern market consumer of Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang. Hypothesis raised in this research is: there is difference of traditional market consumer attitude of Market of Pasar Tugu Bandar Lampung with the modern market consumer attitude of Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang. Data obtained from through spreading kuesioner, with the population in this research is consumer going shopping at Market of Pasar Tugu Bandar Lampung and Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang, while sampel taken to use the formula literasi, so that known the sampel in this research equal to 98 responder. Analysis technique used is uji-t couple with the storey;level signifikansi = 0,05. Attribute analysed that is product, price, location, promotion, people, process and prasarana physical. Result of research after performed from a examination by uji-t by parsial is found a difference which signifikan of equal to 0,000 residing in under level of significance what is used = 0,05 so that refuse the Ho. Known that by the existence of difference of traditional market consumer attitude of Market of Pasar Tugu Bandar Lampung and modern market consumer attitude of Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang at price variable, location, promotion, people, and prasarana physical, while at variable of product and process is not found by a difference which signifikan. Suggestion given in this research that is Organizer of Market of Pasar Tugu Bandar Lampung shall pay attention to the existing location factor, conducting promotion and improve the prasarana of market physical. Modern Market of Chandra Superstore shall apply the low price in its product sale.} }