title: IDENTIFIKASI EFEK AKHIR PEKAN (DAY OF THE WEEK EFFECT) PADA RETURN INDEKS KOMPAS-100 DI BEI PERIODE 2007.09-2009.12 creator: 0611021095, Suharti P Simarmata subject: description: Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian pasar efisien bentuk lemah di Bursa Efek Indonesia dengan fokus penelitian efek akhir pekan (day of the week effect) pada indeks Kompas-100 periode 2007.09-2009.12. Dalam penelitian ini, hipotesa yang diuji adalah diduga terdapat efek akhir pekan pada return indeks Kompas-100 dan diduga tidak terdapat efek akhir pekan pada return indeks Kompas-100. Penelitian ini menggunakan model TARCH-M (p,q) sebagai model yang dapat menjelaskan adanya efek akhir pekan pada indeks Kompas-100 periode 2007.09-2009.12. Hasil penelitian menunjukkan ada efek akhir pekan (day of the week effect) pada indeks Kompas-100 selama periode 2007.09 – 2009.12, seperti yang ditunjukkan oleh return pada hari senin lebih rendah dan signifikan secara statistik dibandingkan dengan empat hari perdagangan lainnya; dan return tertinggi diperoleh pada hari kamis. Kata kunci : Efek Akhir Pekan (Day of The Week Effect), Hipotesa Pasar Efisien, TARCH-M. JEL Clasification : A11, C01, G14 Abstract This study aimed to test a weak form of efficient markets in Indonesia Stock Exchange with a focus on the weekend effect (day of the week effect) on the Kompas-100 index during the period 2007.09-2009.12. In this study, the hypothesis being tested is thought to have weekend effects on the return index Kompas-100 and might not have the weekend effect on return index Kompas-100. This study uses a model TARCH-M (p, q) as a model that can explain the weekend effect on the index Kompas-100 during period 2007.09-2009.12. Results showed that there is no weekend effect (day of the week effect) on Compass-100 index during the period 2007.09 - 2009.12, as shown by the returns on Monday are lower and statistically significant compared with the other four trading days, and obtained the highest return on Thursday. Keywords: Weekend Effect (Day of The Week Effect), Efficient Market Hypothesis, TARCH-M JEL Clasification: A11, C01, G14 date: 2010-02-05 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19975/1/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19975/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19975/3/HALAMAN%20AWAL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19975/4/I%20PENDAHULUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19975/5/II%20TINJAUAN%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19975/6/III%20METODE%20PENELITIAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19975/7/IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19975/8/V%20KESIMPULAN.pdf identifier: 0611021095, Suharti P Simarmata (2010) IDENTIFIKASI EFEK AKHIR PEKAN (DAY OF THE WEEK EFFECT) PADA RETURN INDEKS KOMPAS-100 DI BEI PERIODE 2007.09-2009.12. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/19975/