title: PENGARUH BAURAN PEMASARAN ECERAN (RETAIL MARKETING MIX APPLICATION) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDOMARET DAN ALFAMART ( Studi Kasus pada Indomaret dan Alfamart Jl. KH. Ghalib Pringsewu ) creator: 0611011111, Rani Martania subject: description: Abstrak Besarnya pasar minimarket akibat telah terjadinya peralihan pola belanja masyarakat dari pasar tradisional ke ritel modern menjadikan menjadikan dua pemain utama Indomaret dan Alfamart, semakin mengukuhkan sayapnya di bisnis ini. Tak bisa dipungkiri, persaingan Indomaret dan Alfamart memang jelas terlihat dan makin sengit ketika banyak dijumpai gerai mereka yang berdekatan seperti kasus yang terjadi di Indomaret dan Alfamart di Jl. KH. Ghalib Pringsewu. Masalah dalam penelitian ini adalah persaingan antara Indomaret dan Alfamart dengan warung - warung, toko dan pasar tradisional terdekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran eceran (retail marketing mix application) terhadap kepuasan pelanggan Indomaret dan Alfamart Jl. KH. Ghalib Pringsewu. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penulisan ini adalah accidental sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu 50 konsumen Indomaret dan 50 konsumen Alfamart Jl. KH. Ghalib Pringsewu yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian. Metode analisis data secara kuantitatif menggunakan analisis regresi binary logistik. Berdasarkan hasil penelitian di Indomaret Jl. KH. Ghalib Pringsewu diperoleh nilai Nagelkerke (R2) sebesar 0.267 berarti bahwa seluruh variabel bauran pemasaran eceran (retail marketing mix application) mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan (Y) sebesar 26.7 % sedangkan sisanya 73.3 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel customer service (P = 0,002) merupakan variabel yang paling signifikan dibandingkan variabel lainnya sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel customer service berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan dibandingkan dengan variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian di Alfamart Jl. KH. Ghalib Pringsewu diperoleh nilai Nagelkerke (R2) sebesar 0.106 berarti bahwa seluruh variabel bauran pemasaran eceran (retail marketing mix application) mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan (Y) sebesar 10.6 % sedangkan sisanya 89.4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel customer service (P = 0,005) merupakan variabel paling signifikan dibandingkan variabel lainnya maka dapat disimpulkan bahwa variabel customer service berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan dibandingkan dengan variabel lain. Abstrak Mini market size due to the occurrence of public spending patterns shift from traditional markets to modern retail makes makes two main players and Alfamart Indomaret, continues to establish its wings in the business. It is undeniable, and Alfamart Indomaret competition was clearly visible and increasingly fierce when many found their outlets nearby as was the case in Indomaret and Alfamart on Jl. KH. Ghalib Pringsewu. The problem in this research is competition between Indomaret and Alfamart with stalls stalls, shops and traditional market nearby. This study aims to find out the influence of retail marketing mix (retail marketing mix applications) on customer satisfaction and Alfamart Indomaret Jl. KH. Ghalib Pringsewu. The sampling method used in this study was accidental sampling. Samples taken in this study were 100 respondents, 50 consumers and 50 consumers Indomaret Alfamart Jl. KH. Ghalib Pringsewu who have visited and make a purchase. Quantitative methods of data analysis using binary logistic regression analysis. Based on those results Indomaret Jl. KH. Ghalib Pringsewu obtained value of Nagelkerke (R2) of 0267 means that all retail marketing mix variables (retail marketing mix application) capable of influencing customer satisfaction (Y) equal to 26.7% while the remaining 73.3% were influenced by other variables outside the model so that the hypothesis can be accepted . Results of data analysis shows that the variable customer service (P = 0.002) represents the most significant variable than other variables so it can be concluded that the dominant variables affect customer service to customer satisfaction compared with other variables. Based on those results Alfamart Jl. KH. Ghalib Pringsewu obtained value of Nagelkerke (R2) of 0106 means that all retail marketing mix variables (retail marketing mix applications) are able to influence the satisfaction of the customer (Y) equal to 10.6% while the remaining 89.4% were influenced by variables outside the model so that hypothesis can be accepted . Results of data analysis shows that the variable customer service (P = 0.005) represents the most significant variable than other variables, it can be concluded that the dominant variables affect customer service to customer satisfaction compared with other variables. date: 2012-01-25 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/2/ABSTRAK%20IN%20ENGLISH.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/3/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/4/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/5/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/6/BAB%20IV%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/7/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/8/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/9/LAPORAN%20HASIL%20SEMINAR%201%20BPR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/10/LAPORAN%20HASIL%20SEMINAR%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/19982/11/MOTTO%2C%20RIWAYAT%20HDP%2C%20PERSEMBAHAN%2C%20SANWACANA.pdf identifier: 0611011111, Rani Martania (2012) PENGARUH BAURAN PEMASARAN ECERAN (RETAIL MARKETING MIX APPLICATION) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDOMARET DAN ALFAMART ( Studi Kasus pada Indomaret dan Alfamart Jl. KH. Ghalib Pringsewu ). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/19982/