@article{eprints20004, month = {Januari}, title = {PENATAAN RUANG KANTOR YANG BAIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA SEKRETARIS PADA KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN}, author = {OKTALIA SUGIARTI 0706061024}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/20004/}, abstract = {Tataruang perkantoran adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaan secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak. Oleh karena pentingnya perencanaan dan tataruang kantor maka manajemen perlu memahami dengan pasti segala persoalan yang berhubungan dengan perencanaan dan tataruang tersebut. Demikian halnya dengan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran dalam melaksanakan kegiatannya. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, pemakaian ruangan secara efisien sangatlah penting agar pengawasan kerja terhadap perencanaan pembangunan daerah mudah dilaksanakan serta terciptanya suasana yang menyenangkan. Penataan ruang kantor secara efisien sangat berpengaruh besar terhadap kinerja kerja sekretaris. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui tugas sekretaris, macam-macam rungan dan bentuk ruangan, prinsip-prinsip penataan ruangan serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sekretaris pada kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran. Teknik pengumpulan data pada Tugas Akhi ini adalah melalui metode observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kepustakaan.} }