%0 Journal Article %A 0713034028, Indra Hasan %D 2016 %F eprints:20008 %J Digilib Library %T HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI JURUSAN PENDIDIKAN IPS FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2008 DAN 2009 %U http://digilib.unila.ac.id/20008/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2008 dan 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan populasi, yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2008 dan 2009 yang berjumlah 172 orang yang diambil semua. Pengumpulan datanya menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif persentase dalam bentuk tabel silang. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2008 dan 2009 yang cenderung jarang memanfaatkan internet sebagai sumber belajar adalah mahasiswa yang cenderung memiliki IPK kurang dari 2,76, sedangkan mahasiswa yang cenderung sering memanfaatkan internet sebagai sumber belajar adalah mahasiswa yang cenderung memiliki IPK lebih dari atau sama dengan 2,76. Dari hal tersebut, terlihat bahwa semakin sering mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar akan cenderung semakin tinggi prestasi belajar yang diperolehnya. Sebaliknya, semakin jarang mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar akan cenderung semakin rendah pula prestasi belajar yang diperolehnya. Dengan demikian, tampak ada hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi dengan prestasi belajar mahasiwa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2008 dan 2009.