%A NOVERIA RIDA SARI NN %J Digital Library %T HUBUNGAN SIKAP SISWA, DAYA KREATIVITAS, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG %X Abstract Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap siswa, daya kreativitas, dan pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar Kimia siswa kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009, adapun secara khusus penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara: 1) sikap siswa dengan daya kreativitas, 2) sikap siswa dengan pemanfaatan sumber belajar, 3) daya kreativitas dengan pemanfaatan sumber belajar, 4) sikap siswa dengan prestasi belajar kimia, 5) daya kreativitas dengan prestasi belajar kimia, 6) pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif uji hubungan yaitu salah satu jenis penelitian yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan atau besarnya sumbangan antara variabel-variabel yang berbeda dengan analisis jalur (Path analysis). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Bandar Lampung dengan jumlah siswa 145 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling sebesar 40% dari 145 sehingga diperoleh sampel berjumlah 58 siswa. Hasil penelitian diperoleh: 1) sikap siswa terhadap pelajaran berhubungan dengan daya kreativitas, dengan koefisien korelasi 0,492 dan besarnya sumbangan 24,206 %; 2) sikap siswa berhubungan dengan pemanfaatan sumber belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,571 atau hubungannya sebesar 32,604 % ; 3) daya kreativitas berhubungan dengan pemanfaatan sumber belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,641 atau hubungannya sebesar 41,088 %; 4) sikap siswa terhadap pelajaran memiliki hubungan cukup signifikan dengan prestasi belajar Kimia dengan koefisien korelasi 0,677 atau sumbangannya sebesar 45,833 %; 5) daya kreativitas berhubungan dengan prestasi belajar Kimia ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,660 atau hubungan sebesar 43,560 %; 6) pemanfaatan sumber belajar berhubungan dengan prestasi belajar Kimia dengan ditunjukan koefisien korelasi sebesar 0,726 dengan sumbangan sebesar 52,708 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber belajar memiliki hubungan paling tinggi dibandingkan faktor lain karena secara analisis jalur faktor tersebut dapat berhubungan dengan sikap dan kreativitas. Abstract This research is aimed to know the correlation of student?s attitude, creativity, and utilize learning resources toward chemistry achievement of class X SMA Negeri 8 Bandar Lampung Educational Term 2008/2009, specifically this research is designed to identify the correlation of: 1) students? attitude with creativity, 2) students? attitude with learning resources utilization, 3) creativity with learning resources utilization, 4) the influence between students? attitude with chemistry learning achievement, 5) creativity with chemistry learning achievement, 6) learning resources utilization with chemistry leaning achievement. This research used the correlation quantitative approach tested that is one of research which is created to determine the correlation level. The population is all of class X SMA Negeri 8 Bandar Lampung with 145 pupils which is consist of 5 classes. Sample taken is using proportional random sampling with 40% of 145 with the sum 58 students. The result of the research: 1) the students? attitude toward the lesson correlate the creativity with coefficient correlation 0,492 and the result is 24,206%; 2) students? attitude correlate the use of learning resources, with coefficient correlation 0,571 or 32,604%; 3) creativity correlate the learning resources , with the coefficient correlation 0,641 or 41,088%; 4) students? attitude toward the lesson has a significant learning achievement with the chemistry lesson coefficient correlation 0,677 or 43,560%; 5) creativity correlate the achievement of chemistry lesson showed by the coefficient correlation 0,660 or 43,560%; 6) the use of learning resources correlate the achievement of chemistry lesson showed by the coefficient correlation 0,726 or 52,708%. Therefore, it can be concluded that the use of learning resources has the highest factor compared with others factor since analysis factor can be correlated by creativity and attitude. %D 2012 %L eprints20031