TY - JOUR ID - eprints20058 UR - http://digilib.unila.ac.id/20058/ A1 - 0616011058, SYILVILIA HERVIN Y1 - 2010/01/25/ N2 - Abstrak Tujuan penelitian yang diajukan adalah untuk mengetahui upaya pencegahan dan penanggulangan yang dilakukan guru dalam mengatasi tindak kenakalan yang dilakukan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus untuk mengetahui secara mendalam tentang upaya guru dalam mencegah dan menanggulangi kenakalan anak yang terjadi pada SMA Arjuna. Populasi penelitian ini sebanyak 110 responden yang terdiri dari siswa-siswi SMA Arjuna, kelas I, II, dan III. Dan sampel yang digunakan sebanyak 20 % dari populasi yaitu sebanyak 22 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara terhadap guru-guru dan Kepala Sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dinyatakan bahwa kenakalan yang dilakukan siswa, terdiri atas pelanggaran tata tertib, seperti pelanggaran seragam, terlambat, dan lain-lain hingga pelanggaran umum yang meliputi pelanggaran penyalahgunaan obat, pelanggaran alkohol dan narkotik. Data yang ada menunjukkan pula bahwa upaya guru dalam mencegah dan menanggulangi kenakalan dilaksanakan di SMA Arjuna, hanya dalam hal ini dibagi dalam 3 tahap, yakni upaya pencegahan, penanggulangan langsung, dan penanggulangan bertahap. Tetapi, pada dasarnya upaya yang dilakukan guru ini tidak berbeda dengan konsep penanggulangan yang dilakukan oleh BPKS, yang meliputi 4 tahap, yakni Primary Prevention (upaya pencegahan awal), Prevention (upaya pencegahan), Treatment (upaya pembinaan), dan Rehabilitatif (upaya rehabilitasi).Keberhasilan upaya guru dalam mencegah dan menanggulangi kenakalan berdasarkan data yang didapat peneliti, menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan sekolah itu merupakan suatu kerjasama antara guru (baik guru piket, guru bidang studi, wali kelas, serta guru BP), orang tua murid, dan Kepala Sekolah. Kata Kunci : Upaya, kenakalan. Abstract Watchfulness aim that submitted detect prevention effort and tackling that done teacher in overcome to act hoax that do student. Method that used in this watchfulness case study method to detects exhaustively about teacher efforts in prevent and overcoming child hoax that in SMA Arjuna. This watchfulness population is as much as 110 respondents that consist of siswa-siswi SMA Arjuna, my class, ii, and iii. And sample that used as much as 20% from population is as much as 22 respondents. While data collecting technique passes distribution kuesioner and interview towards teachers and headmaster. Based on watchfulness result and discussion is declared that hoax that done student, consist of discipline infringement, like uniform infringement, late, and others up to general infringement that cover medicine abuse infringement, alcohol infringement and barcotic. Existing data shows also that teacher efforts in prevent and overcoming hoax is carried out at SMA Arjuna, only in this case divided in 3 stages, thats is prevention efforts, direct tackling, and gradual tackling. But, basically efforts that done this teacher not differs from tackling concept that done by BPKS, cover 4 stages, that is primary prevention (beginning prevention efforts), prevention (prevention efforts), treatment (construction efforts), and rehabilitatif (rehabilitation efforts). Teacher efforts succes in prevent and overcoming hoax based on data that got researcher, show that efforts that done that school is a agreement between teacher (picket teacher good, study area teacher, class guardian, with teacher mr), pupil parents, and headmaster. Keyword : Efforts, hoax. JF - Digital Library TI - UPAYA GURU DALAM MENCEGAH DAN MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA (Studi Kasus Prilaku Menyimpang Siswa Pada SMA Arjuna Bandar Lampung) AV - public ER -