<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN\r\nBARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada\r\nPT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR\r\nCab. Bandar Lampung)"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nPT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan pengiriman barang milik\r\nswasta yang bergerak dibidang jasa. Banyaknya penduduk yang saling mengirim\r\nbarang dari tempat yang jauh membuat jasa pengiriman barang ini menjadi sangat\r\npenting. Selama proses pengiriman barang kadang tidak selalu berjalan dengan\r\nlancar, misalnya kemungkinan terjadinya bencana, baik yang berasal dari alam,\r\nperbuatan manusia maupun dari sifat barang itu sendiri. Rumusan masalah dalam\r\npenelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan tanggung jawab JNE dalam\r\nperjanjian pengiriman barang apabila terjadi wanprestasi. Untuk itu, tujuan\r\npenelitian ini adalah untuk memahami syarat dan prosedur perjanjian pengiriman\r\nbarang, hak dan kewajiban para pihak serta tanggung jawab JNE bila terjadi\r\nwanprestasi.\r\nPenelitian ini adalah penelitian hukum normatif-terapan dengan tipe penelitian\r\ndeskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan bersifat terapan. Data yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode pengumpulan\r\ndata yang dilakukan dengan studi pustaka, dokumen dan wawancara. Setelah data\r\nterkumpul, selanjutnya data diolah dengan cara pemeriksaan data, klasifikasi data,\r\ndan penyusunan data. Analisis secara kualitatif.\r\nBerdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa syarat dalam pengiriman barang\r\nyaitu dengan cara mengisi AWB (Air Waybill)/Connot, yaitu form pengisian\r\npengiriman barang. Air Waybill harus diisi dengan nama dan alamat yang\r\nlengkap, jelas, benar dan terbaca agar barang atau dokumen yang akan dikirim\r\nbisa sampai ke tempat yang dituju. Sedangkan prosedur dalam pengiriman barang\r\nyaitu pemeriksaan terhadap barang-barang yang akan dikirim. Apabila barang\r\nbarang tersebut layak untuk dikirim, maka pihak JNE akan memproses\r\npengiriman barang/dokumen tersebut dengan mengeluarkan AWB (Air Waybill)\r\nsebagai dokumen perjanjian pengiriman barang yang ditandatangani oleh kedua\r\nbelah pihak. AWB (Air Waybill) tersebut berisikan hak dan kewajiban para pihak.\r\nKewajiban perusahaan adalah menyiapkan barang yang akan dikirim dengan rapi, mengantarkan barang/dokumen sampai ketempat yang dituju, dan melindungi\r\nbarang/dokumen agar tidak rusak dan hilang. Hak perusahaan adalah berhak\r\nmendapat keterangan mengenai sifat barang yang akan dikirim, menolak\r\npermintaan pengiriman barang yang terlarang atau tidak sah dan menerima biaya\r\nyang diperlukan dalam pengiriman barang. Sedangkan kewajiban konsumen\r\nmembukus barang yang akan dikirim dengan rapi, memberikan keterangan\r\nmengenai sifat barang yang akan dikirim dan membayar biaya yang diperlukan\r\ndalam pengiriman barang. Hak konsumen adalah mendapatkan tanda bukti\r\npengiriman, barang yang dikirim sampai tepat pada waktunya, dan konsumen\r\nberhak menuntut ganti rugi jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang yang\r\ndisebabkan oleh kesalahan atau kelalaian dari perusahaan pengiriman/JNE atau\r\nyang mewakilinya.\r\nTanggung jawab PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir terhadap barang yang hilang\r\natau rusak yaitu dengan cara mengganti kerugian sebesar 10 kali biaya\r\npengiriman, kecuali jika PT. Jalur Nugraha Ekakurir dapat membuktikan secara\r\nbenar dan jelas bahwa kesalahan tersebut bukan kesalahan dari PT. Jalur Nugraha\r\nEkakurir, melainkan akibat kelalaian dan kesalahan dari pihak pengirim barang\r\natau karena terdapat keadaan memaksa yang mengakibatkan barang muatan\r\ntersebut tidak sampai di tangan pihak penerima barang, hal inilah yang\r\nmembebaskan PT. Jalur Nugraha Ekakurir dari tuntutan yang diajukan oleh pihak\r\npengirim barang.\r\nKata Kunci: Tanggung Jawab, Pengiriman Barang"^^ . "2012-03-14" . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "HAWANI"^^ . "0642011204"^^ . "HAWANI 0642011204"^^ . . . . . . "TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN\r\nBARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada\r\nPT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR\r\nCab. Bandar Lampung) (File PDF)"^^ . . . "Fix Skripsi.pdf"^^ . . . "TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN\r\nBARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada\r\nPT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR\r\nCab. Bandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN\r\nBARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada\r\nPT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR\r\nCab. Bandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN\r\nBARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada\r\nPT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR\r\nCab. Bandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN\r\nBARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada\r\nPT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR\r\nCab. Bandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN\r\nBARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada\r\nPT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR\r\nCab. Bandar Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #20060 \n\nTANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN \nBARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada \nPT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR \nCab. Bandar Lampung)\n\n" . "text/html" . . . " " . .