@article{eprints20176, month = {Januari}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (PTK Siswa Kelas XI IPA5 SMA YP Unila Bandar Lampung TP 2009-2010)}, author = {PUTRI WINA ADITYA 0543023024}, year = {2010}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/20176/}, abstract = {Abstrak Hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung mengenai hasil belajar kimia siswa pada materi pokok laju reaksi tahun pelajaran 2008-2009 belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, yaitu ? hanya 62,5\% siswa yang memperoleh nilai 65. Hasil observasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA5 SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009-2010 sebelum materi pokok laju reaksi yaitu pada materi pokok termokimia masih rendah, belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, yaitu hanya ? 34,3\% siswa yang mendapat nilai 65. Aktivitas belajar dan keterampilan dalam melakukan eksperimen juga masih rendah. Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar adalah metode kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan (1) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, (2) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase kete Putri Wina Aditya rampilan siswa, (3) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase rata-rata penguasaan konsep laju reaksi siswa, (4) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam ketercapaian ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian ini berupa data aktivitas on task siswa, data keterampilan siswa dalam melakukan eksperimen, data kinerja guru, dan data penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik NHT pada materi pokok laju reaksi dapat (1) meningkatkan persentase setiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus ke siklus, (2) meningkatkan persentase nilai keterampilan siswa dalam melakukan eksperimen kimia dari siklus I ke siklus II, (3) meningkatkan persentase rata-rata penguasaan konsep laju reaksi siswa dari siklus ke siklus, dan (4) meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi pokok laju reaksi. Kata kunci: pembelajaran kooperatif teknik NHT, hasil belajar siswa} }