%0 Journal Article %A 0614021078, YUNI WIBAWATY %D 2010 %F eprints:20178 %J Digital Library %T ANALISIS DAYA SAING PRODUK BENIH PADI HASIL PROGRAM PENGEMBANGAN INDUSTRI BENIH (PPIB) UNILA DI PROVINSI LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/20178/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan konsumen benih padi (petani) termotivasi untuk menggunakan benih padi hasil program pengembangan industri benih Universitas Lampung. (2) Mengetahui daya saing produk benih padi hasil pengembangan industri benih Universitas Lampung di Provinsi Lampung. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden melalui wawancara serta pengisian kuisioner. Responden penelitian terdiri dari produsen benih PPIB UNILA, manager pemasaran PT. Andall Hasa Prima, kios-kios pertanian di Lampung Tengah, dan petani pengguna benih padi PPIB UNILA di Lampung Tengah. Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur serta laporan dan publikasi beberapa instansi seperti BPS, Dinas Pertanian dan instansi terkait lainnya. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2010. Analisis yang dilakukan meliputi analisis faktor dan analisis daya saing produk. Analisis daya saing produk dilakukan dengan menggunakan rumus daya saing dilengkapi dengan analisis organisasi pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor-faktor yang menyebabkan konsumen (petani) termotivasi dan lebih memilih untuk menggunakan benih padi PPIB UNILA adalah potensi hasil produksi, kualitas benih, ketahanan terhadap hama dan penyakit, serta pengaruh promosi. (2) Produk benih padi PPIB UNILA yang dipasarkan oleh PT. Andall Hasa Prima di Provinsi Lampung berdaya saing tinggi dengan nilai DS sebesar 1,34. Berdasarkan analisis pasar, struktur pasar benih padi PPIB UNILA di Kabupaten Lampung Tengah adalah oligopoli, dilihat dari perilaku pasar PPIB UNILA hanya memproduksi benih padi sesuai dengan permintaan pasar dan harga jual benih padi ditetapkan berdasarkan biaya produksi, harga pesaing, dan kebijakan pedagang, dan keragaan pasar menunjukkan bahwa benih padi PPIB UNILA yang dipasarkan dengan merk dagang Hasa Seed memiliki dua saluran pemasaran dengan pangsa produsen yang relatif kecil dan rasio profit margin yang tidak merata antar lembaga pemasaran. Kata Kunci : benih padi, PPIB UNILA, daya saing Keterangan : 1 Mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung 2 Dosen Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung