TY - JOUR ID - eprints20198 UR - http://digilib.unila.ac.id/20198/ A1 - 0913060004, Trisakti Wijayana Y1 - 2016/01/25/ N2 - Pembelajaran matematika di kelas VIII SMP IT Fitrah Insani Bandar Lampung belum mencapai hasil belajar yang memuaskan. Pada umumnya aktivitas belajar siswa rendah disebabkan pembelajaran masih didominasi oleh guru. Oleh karena itu, dalam pembelajaran guru harus memahami berbagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat merangsang tumbuhnya aktivitas siswa dalam belajar. Dari kondisi yang digambarkan, peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data penelitian diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan tes setiap akhir siklus. Persentase keaktifan siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Dan pada siklus III, indikator keberhasilan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dan pengamatan terhadap proses pembelajaran, diperoleh hasil bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Fitrah Insani Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. JF - Digilib Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP IT Fitrah Insani Bandar Lampung Semester Genap Tahun 2010/2011) . AV - public ER -