TY - JOUR ID - eprints20395 UR - http://digilib.unila.ac.id/20395/ A1 - 0415021078, Nohan Uka Satwika Y1 - 2012/12/20/ N2 - Pada suatu proses pembakaran dalam motor diesel dibutuhkan dua komponen utama yaitu bahan bakar dan udara, dimana campuran udara dan bahan bakar akan menentukan baik atau tidaknya proses pembakaran tersebut. Udara merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan pada proses pembakaran. Udara mengandung banyak gas seperti nitrogen, oksigen, hidrogen, uap air, karbon dioksida, karbon monoksida, serta sedikit gas lain. Untuk lebih memaksimalkan proses pembakaran perlu adanya penyaringan udara pembakaran agar diperoleh udara dengan kandungan nitrogen, hidrogen, dan gas-gas lain yang mengganggu proses pembakaran lebih sedikit. Daya adsorb dari zeolit dapat dimanfaatkan untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar dan diharapkan dapat mengurangi kadar nitrogen yang masuk ke dalam ruang bakar sehingga konsentrasi panas yang ada pada ruang bakar dapat lebih maksimum untuk menguraikan oksigen dan bahan bakar, dengan demikian pembakaran dapat lebih maksimum dan meningkatkan kinerja mesin. Pada saat diaplikasikan pada kendaraan bermotor dengan kapasitas besar, zeolit yang masih berbentuk granular mengalami pengikisan akibat laju aliran udara tinggi yang melaluinya sehingga dan dapat mengotori saringan udara. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji penggunaaan zeolit berbentuk tablet (zeolit pellet) yang diaktivasi NaOH-Fisik sehingga dapat menjadikan zeolit lebih padat sehingga tidak terjadi pengikisan. Penelitian ini mengambil 3 variasi kerapatan zeolit pellet (kerapatan 2 gram, 2,3 gram, dan 2,5 gram), 3 variasi berat zeolit pellet (25 gram, 50 gram dan 1 00 gram) serta variasi penggunaan zeolit pellet tekan alami dan zeolit pellet tekan yang diaktivasi fisik. Awalnya zeolit alami serbuk dicampur dengan air aquades dan NaOH, lalu dicetak dan dikeringkan dengan alami kemudian diaktivasi fisik (dipanaskan pada temperatur 325oC selama 2 jam). Setelah itu, zeolit pellet dimanfaatkan untuk menyaring udara pembakaran guna meningkatkan prestasi motor diesel 4-langkah. Proses terakhirnya adalah uji kekerasan untuk mengetahui besar nilai kekerasan zeolit pellet tersebut. Nilai kekerasan terbaik diperoleh sebesar 5,6 HVN pada penggunaan zeolit pellet 2,3 gr yang diaktivasi NaOH-fisik, dibandingkan dengan nilai kekerasan pellet 2 gr dan pellet 2,5 gr adalah 4,775 dan 4,725 HVN. Peningkatan daya engkol terbaik diperoleh pada 2,3 gr dan putaran 2500 rpm, yakni 11,064 %. Penurunan konsumsi bahan bakar spesifik terbaik terjadi pada pellet 2,5 gr dan putaran 3000 rpm, yakni 11,194 %. Kata kunci: motor diesel, pembakaran, zeolit pellet tekan, aktivasi. JF - digital library TI - PENGARUH PEMANFAATAN ZEOLIT ALAM PELLET TEKAN ASAL LAMPUNG SELATAN YANG DIAKTIVASI NaOH ? FISIK TERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4-LANGKAH AV - public ER -